Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Ilmiah Compton merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika yang berasal dari hasil penelitian ataupun review artikel.

Jurnal Ilmiah Compton diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Jurnal Ilmiah Compton terbit dua kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Juni dan Desember 

 

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Mitra bestari Jurnal ilmiah Compton menerima naskah dari editor bagian atau sekretariat redaksi, serta berhak menolak naskah jika naskah yang direview tidak sesuai dengan bidang keilmuan/kepakarannya.

Kebijakan Penelaahan Naskah:

  1. Mitra bestari  menerima  naskah  dari  editor  bagian  atau sekretariat redaksi melalui situs jurnal ini atau via email. 
  2. Mitra bestari  membuka  naskah  full  text  di  situs  jurnal  atau  email,  kemudian melakukan penelaahan naskah. Pada situs jurnal ini, Mitra bestari  memiliki akses ke file naskah jika telah menyetujui untuk telaah naskah. 
  3. Mitra bestari  melakukan  telaah  naskah  dari  aspek  substansi/isi  kualitas  naskah. Mitra bestari  bertanggung  jawab  penuh  terhadap  kualitas  dan  dampak  ilmiah naskah.
  4. Batas waktu telaah naskah adalah 4 minggu sejak naskah diterima mitra bestari. Jika  waktu        tersebut        belum        dianggap        cukup,        mitra bestari  harus memberitahu/mengkonfirmasi ke editor bagian atau sekretariat redaksi disertai dengan alasan yang jelas.
  5. Mitra bestari  memberikan  penilaian  naskah  secara  objektif  dan  jelas. 
  6. Mitra bestari  memberikan  rekomendasi  sebagai  dasar  pengambilan  keputusan naskah hasil telaah: Accept Submission (naskah diterima), Revisions  Required  (naskah  perlu  direvisi  oleh  penulis  dan  dikembalikan lagi ke reviewer), Resubmit for Review (naskah sebaiknya direview oleh reviewer lain), Resubmit Elsewhere (naskah sebaiknya dikirim ke penerbit jurnal lain), Decline Submission (naskah ditolak), dan See Comments (lihat komentar, reviewer menolak secara halus).
  7. Naskah  hasil  telaah  dikembalikan  ke  editor  bagian  atau  sekretariat  redaksi disertai dengan hasil penelaahan di form checklist review.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Author Free of Charge

The authors are NOT reguired to pay an Article Submission Fee, Processing Fee, and Publication Fee.

 

Plagiarism Check

plagiarism screening will be conducted by COMPTON using Plagiat Detector