Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PANDUAN PENULISAN NASKAH JURNAL COMPTON

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, diketik secara rapih pada kertas ukuran A4 menggunakan software pengolah kata versi Windows Microsoft Word dengan jarak baris 2 spasi. Naskah ditulis dalam bentuk 1 kolom dengan ukuran margin masing-masing 3 cm dan 2,5 cm untuk margin atas dan bawah, dan 3,5 cm dan 2,5 cm masing-masing untuk margin kiri dan kanan. Istiliah dalam bahasa asing ditulis dalam huruf miring (italics). Bentuk artikel harus mencakup bagian-bagian berikut ini (sesuai urutan) :

  • Judul Artikel
  • Abstrak
  • Kata kunci
  • Pendahuluan
  • Teori (jika ada)
  • Metode Percobaan
  • Hasil dan Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Ucapan terima kasih (jika ada)
  • Daftar Acuan

JUDUL ARTIKEL

Judul artikel tidak lebih dari 14 kata dan harus diikuti dengan informasi

  • Nama atau nama-nama penulis (tanpa gelar)
  • Nama dan alamat lengkap institusi
  • Alamat e-mail (terutama contact person)

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris mencakup latar belakang, cara kerja, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis singkat dan jelas, tidak melebihi jumlah 100 kata.

KATA KUNCI

Kata kunci ditulis di bawah abstrak baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, maksimum 5 kata dengan kata pertama merupakan kata terpenting.

PENDAHULUAN

Bagian ini berisi penjelasan ringkas tentang latar belakang dan pentingnya masalah penelitian, status ilmiah saat ini yang disertai telaah referensi terbaru (terutama 10 tahun terakhir), serta hipotesis dan tujuan penelitian.

METODE PERCOBAAN

Meliputi penjelasan tentang bahan dan tata kerja dalam bentuk kalimat yang menggambarkan langkah-langkah penelitian dan pembahasan yang dilakukan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian dalam bentuk tabel atau gambar dikirimkan secara terpisah dengan teks artikel dan mengikuti aturan yang disampaikan selengkapnya pada TABEL dan GAMBAR. Pembahasan dilakukan dengan mengacu pada tujuan/hipotesis yang disampaikan pada PENDAHULUAN serta membandingkan dengan hasil-hasil yang telah ada pada referensi. Pada akhir pembahasan dapat disampaikan lanjutan penelitian yang perlu dilakukan.

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis dalam bentuk paragraf tanpa penomoran ataupun indent.

UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada)

Ucapan terima kasih disampaikan kepada pemberi dana serta personal yang mendukung terlaksananya penelitian dan penulisan.

DAFTAR ACUAN

nomoran dalam acuan disesuaikan dengan kronologis pembahasan. Format penulisan acuan adalah sebagai berikut :

Dari Jurnal

 

[1].

T.K. KIM and M. TAKAHASHI, Appl. Phys. Lett., 20 (1972) 492

Dari Prosiding

 

[1].

A. MANAF dan RIDWAN, "Pengaruh RP dalam Spin Coating pada Jumlah Porositas dan Sifat Mekanik Al-Paduan", Prosiding Pertemuan Ilmiah Sains Materi III, Serpong (1998) 7

Dari Buku

 

[1].

A.R. WEST, Solid State Chemistry and Its Applications, John Wiley & Sons Inc., Singapore (1984)

Dari Tesis/Disertasi

 

[1].

L.A. HARRIS, Polymer Stabilized Magnetite Nanoparticles andP oly(propylene oxide) Modified Styrene-Dimethacrylate Networks, Ph.D thesis, Faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University, 2002

TABEL

Tabel harus diacu secara berurutan sesuai isi artikel. Setiap Tabel harus disertai judul dan jika ada hasil pengukuran, satuan harus dituliskan juga pada bagian judul. Tabel dibuat tanpa garis pemisah vertikal.

GAMBAR

Semua gambar harus diacu dalam artikel secara berurutan. Gambar dikirimkan dalam bentuk file Excel yang masih dapat diedit untuk grafik dan dalam bentuk bitmap (BMP, JPEG, TIFF, GIV) untuk foto/image. Gambar dalam bentuk bitmap harus memiliki resolusi lebih dari 300 dpi, kecuali bila ada batas resolusi karena alasan ilmiah. Label/keterangan gambar diberikan dalam bagian yang terpisah dari gambar.

PERSAMAAN dan SINGKATAN

Penulisan persamaan fisika dan atau persamaan matematik dilakukan dengan program Microsoft Equation dan diberi nomor dengan angka arab sesuai alur pembahasan. Singkatan harus didefinisikan pada awal pemuatan dalam artikel.

 

 

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen Microsoft Word, atau RTF.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Authors who publish with COMPTON agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the COMPTON right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in COMPTON.

Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in COMPTON.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.