PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVIASION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS VIII

Wahyu Nurdiansyah, Widodo Budhi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIyang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII C sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Esebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t diperoleh thitung= 3,196dengan p = 0,000. Ada perbedaan yang sangat signifikan pada prestasi belajar fisika siswa kelas VIII antara yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Rerata prestasi belajar fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Flag Counter