PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Hafitriani Rahayu, Joko Purwanto, Daimul Hasanah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi kelas XI IPA MAN LAB UIN Yogyarta. Tes berupa soal pretest dan soal posttest digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa tendensi sentral, ukuran dispersi serta Normalized Gain(N-Gain). Hasil analisa data menunjukkan nilai rata-rata skor posttest adalah 15,18 > rata-rata skor pretestyaitu4,64, serta standar deviasi skor posttestadalah 4,64> nilai standar deviasi skor pretestyaitu3,16. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari skor N-gain, yaitu 0,359 dan memasuki kategori sedang. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran  PjBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Flag Counter