STUDI KORELASI ANTARA INTERAKSI SOSIAL DALAM BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR, DAN BERSIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Ade Kurniawati, Sumadi Sumadi

Sari


Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan interaksi sosial dalam belajar, intensitas belajar dan bersikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah "Ex Post Facto". Uji validitas butir dengan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 untuk menguji prestasi belajar dan dengan Alpha Cronbach untuk menguji interaksi sosial dalam belajar, intensitas belajar dan bersikap ilmiah siswa. Hasil uji reliabilitas tes prestasi belajar fisika uji rtt = 0,806, reliabilitas angket interaksi sosial dalam belajar diperoleh rtt = 0,922, reliabilitas angket intensitas belajar rtt = 0,909, reliabilitas angket bersikap ilmiah siswa rtt = 0,923 nilai p = 0,000 dapat disimpulkan bahwa semua instrumen reliabel

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Flag Counter