HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SISWA, KECERDASAN EMOSI DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Nursari Nursari, Hidayati Hidayati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa, kecerdasan emosi dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar fisikasiswa kelas XI SMA se-Kecamatan Umbulharjo tahun ajaran 2015/2016 baik secara bersama-sama maupun secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif yang bersifat ex post fasto. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kedisiplinan siswa, kecerdasan emosi dan kreativitas belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika. Nilai koefisien determinan (R2)= 0,578. Sumbangan efektif ketiga prediktor sebesar SE= 57,816 %., berasal dari kedisiplinan siswa 12,481 %, kecerdasan emosi 13,693%, kreativitas belajar siswa  31,641 %.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Flag Counter