HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA PERHATIAN SELAMA PEMBELAJARAN DAN KECEMASAN SEBELUM TES DENGAN PRESTASI BELAJAR

Diana Weny Prasetyowati, Widodo Budhi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan hubungan persepsi siswa, perhatian selama pembelajaran, kecemasan sebelum tes, dan prestasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan metode ex post facto.  Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik sampel acak, dan diperoleh 85 siswa. Teknik pengumpulan instrumen dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi, persepsi, dan perhatian termasuk kategori tinggi, sedangkan kecemasan termasuk kategori sedang. Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi siswa dan perhatian selama pembelajaran dengan prestasi dan terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara kecemasan sebelum tes dengan prestasi.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Flag Counter