Identifikasi penerapan nilai karakter kemandirian pada peserta didik dalam pembelajaran fisika

Retno Wulan Dari

Abstract


Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan nilai karakter kemandirian pada peserta didik dalam pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian ini dengan menggunkan penelitian deskriptif kuantitatif. Cara pengumpulan data menggunakan Instrumen berupa Angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 11 Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini  menggunakan statistika deskriptif. hasil penelitian yang telah dilakukan Siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi berada pada kategori yang memliki karakter kemandirian yang baik. Secara ilmiah dapat kita lihat dari data yang diperoleh pada pada kategori sangat sering memiliki hasil yang lebih dominan dibandingkan dengan indikator yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi memiliki tingkat penanaman karakter kemandirian yang sangat baik dengan rentang 37,50%.

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan nilai karakter kemandirian pada peserta didik dalam pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian ini dengan menggunkan penelitian deskriptif kuantitatif. Cara pengumpulan data menggunakan Instrumen berupa Angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 11 Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini  menggunakan statistika deskriptif. hasil penelitian yang telah dilakukan Siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi berada pada kategori yang memliki karakter kemandirian yang baik. Secara ilmiah dapat kita lihat dari data yang diperoleh pada pada kategori sangat sering memiliki hasil yang lebih dominan dibandingkan dengan indikator yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi memiliki tingkat penanaman karakter kemandirian yang sangat baik dengan rentang 37,50%.


Full Text:

PDF

References


Astalini et al.(2018). Sikap Siswa Terhadap PelajaranFisika Di Sman Kabupaten Batanghari. JurnalIlmu Pendidika Fisika,2(3), 59-64.

Ilmiwan et al.(2013). Pengaruh penerapan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 BUKIT TINGGI. Pilar of physic education. Vol 2, 153-164

Mardiansyah et al.(2013). Pembuatan Modul Fisika

Berbasis Tik Untuk Mengintegrasikan NilaI Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Siswa Sman 10 Padang Kelas X Semester 1. Pillar Of Physics Education, Vol. 1, 30-38

Hikmawati, H., Rokhmat, J., & Sutrio, S. 2018. Penyuluhan Pembuatan Media Tiga Dimensi dan Penerapannya Melalui Model Siklus Belajar 5E Pada Guru-Guru di MGMPFisika Se-Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan pengabdian Masyarakat, 1(1).

Fitriani, N., Gunawan, G., &Sutrio, S. 2017. Berfikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Kurnia et al.(2014). Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1) : 43 47

Astalini dan Dwi Agus Kurniawan.(2019). Pengembangan Instrumen Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains.07(1) : 1-7

Gunawan, G., Harjono, A., &Sutrio, S. (2015). MultimediaInteraktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Diani Rahma.(2015).

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 04(2),241-253

Astuti, S P.(2015). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif , 5(1), 68-75

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Najib dan bety.(2012). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 9 (1):102-109

Jihad Asep dkk, 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi, Jakarta: Direktora Jendral Menejemen Pendidikan Dasar an Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.5961

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.5961.g2929

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter