The Feasibility of Physics Module Based on Learning Cycle in The Fluid Material

Farida Hannum

Abstract


Abstract

This research aimed to knowing the feasibility of the module and student’s response. This research method was Research & Development with model 4D consists of define, design, develop, and disseminate. In order to know the feasibility of the module, it was validated by materials validator, language validator, media validator, reviewer, and peer review. The result of experts’ validation shows that this module was feasible to be implemented. This module was tried out to twelve students, and the result of try out shows that this module was categorized into “very good”. Then it was tried out in a bigger scale to the eleventh grade students at Senior High School level. The result of this research reveals that this module belongs to “feasible”. It was calculated by using Cut Off Score method with the result showed average score of 87,32%. This module was supported by the responses of students with good results.

Keywords: module, feasibility, Learning Cycle

 

Kelayakan Modul Pembelajaran Berbasis Learning Cycle Pada Materi Fluida

 

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang layak dan menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis Learning Cycle pada pokok bahasan fluida. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan menggunakan metode Research and Development model 4D, dengan tahapan: define, design, develop, dan disseminate. Materi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah materi fluida. Modul yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi, ahli, media, ahli bahasa, reviewer, dan peer reviewer. Hasil validasi menyatakan bahwa modul layak untuk diujicobakan. Selanjutnya modul diujicobakan dalam kelas kecil terhadap dua belas orang siswa dan selanjutnya modul diujicobakan dalam kelas besar terhadap siswa kelas XI MIA. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, didapatkan simpulan bahwa: modul pembelajaran fisika berbasis Learning Cycle yang dikembangkan dikatakan layak karena memenuhi kriteria penilaian kelayakan, dengan cut off score sebesar 87,32%, respon guru dalam tahap penyebaran sebesar 84,00% dalam kategori sangat baik, dan hasil angket respon modul oleh siswa sebesar 80,62% dalam kategori baik.

Kata Kunci: modul, kelayakan, Learning Cycle

Full Text:

PDF

References


Suparno, “Metode Penelitian Pendidikan Fisika”, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2007.

S. Indrianto, “Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis pada Materi Ajar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Kelas VIII SMP 22 Surakarta”. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2014.

W. Jufri, “Belajar dan Pembelajaran Sains”. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.

I. Permatasari, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar 7E Berbantuan Video pada Materi Fluida Dinamis Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI”. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2015.

U. Purwono, “Standar Penilaian Bahan Ajar”. Jakarta: BSNP, 2008.

Thiagarajan & Semmel, “Instructional Development for Training Teacher of Exeptional Children”. Minneapolis: Indiana University, 1974.

Riduwan, “Skala Pengukuran Variabel–Variabel Penelitian”. Bandung: ALFABETA, 2010.

W. Septiani, “Pendekatan Kombinasi Metode AHP dan Metode Cut Off Point pada Tahap Analisis Keputusan Perancangan Sistem Informasi Penjualan” PT.X. J@TI Undip, Vol IV (3), 218-227, 2009.

Depdiknas, “Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2010.

B. C. Madu, “Effect of Five-Step Learning Cycle Model on Students’ Understanding of Concepts Related to Elasticity”. Journal of Education and Practice. Vol. 3, no. 9, hlm. 173-181, 2012.

Misman, “Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kreativitas dan Sikap ilmiah Siswa”. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2013.

S. Utari et all, “Application of Learning Cycle 5E Model Aided Cmaptools-Based Media Prototype to Improve Student Cognitive Learning Outcomes”. The Canadian Center of Science and Education Journal, vol. 5, No. 4, hlm. 69-76, 2013.

T. –C. Liu., Peng, H., Wu, W.-H., & Lin, M.-S, “The Effects of Mobile Natural-science Learning Based on the 5E Learning Cycle: A Case Study”. International Journal of Educational Technology & Society. Vol. 12, No. 4, hlm. 344-358. 2009.

S. Waluyo, “Pengembangan Modul Berbasis Guided Discovery pada Materi Jamur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMAN 1 Bulu”. Tesis. Surakarta Universitas Sebelas Maret, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6038

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6038.g2930

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter