Desain e-book petunjuk praktikum IPA berbasis tri N (niteni, nirokke, nambahi)

Ani Widyawati, Dhimas Nur Setyawan, Krida Singgih Kuncoro

Abstract


Internet of things  (IoT) lebih banyak mengambil peran dalam  segala bidang di era desruptif.  Pendidikan lebih ditekankan untuk berbasis digital dan paperless. Media cetak dalam pembelajaran semakin diminimalkan dan digeser dengan media digital agar lebih ramah lingkungan.  Tuntutan Internet of things  (IoT)  tetap harus mengedepankan budaya luhur bangsa Indonesia. Pembudayaan yang luhur merupakan dharma keempat dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi Tamansiswa yang dapat dilakukan dengan membudayakan ajaran Ki Hadjar Dewantara pada pembelajaran. Salah satu ajaran Ki Hadjar Dewantara  adalah Tri N: niteni, nirokke, nambahi.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  desain e-book petunjuk praktikum IPA berbasis Tri N (niteni, nirokke, nambahi). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu desain e-book petunjuk praktikum IPA berbasis Tri N. Petunjuk praktikum IPA yang dihasilkan mempunyai karakteristik sebagai berikut yakni (1) berbentuk e-book, (2) memuat konsep ajaran Tri N  dalam kegiatan praktikum yang didesain menarik dalam bentuk tabel hubung kait yang disertai simbol, (3) menunjukkan akitifitas  Tri N yang sesuai  dalam setiap tahapan kegiatan praktikum, dan (4) mengajak praktikan untuk melakukan aktifitas niteni, nirokke, dan nambahi  selama praktikum.

Full Text:

PDF

References


M. Hermann, T. Pentek, and B. Otto, “Design principles for industrie 4.0 scenarios,” in 2016 49th Hawaii international conference on system sciences (HICSS), 2016, pp. 3928–3937.

L. Atzori, A. Iera, and G. Morabito, “The internet of things: A survey,” Comput. networks, vol. 54, no. 15, pp. 2787–2805, 2010.

M. Frydenberg and D. Andone, “Learning for 21st century skills,” in International Conference on Information Society (i-Society 2011), 2011, pp. 314–318.

J. Runnels and A. Rutson-Griffiths, “Tablet PCs in a Paperless Classroom: Student and Teacher Perceptions on Screen Size.,” JALT CALL J., vol. 9, no. 3, pp. 275–285, 2013.

K. E. Dewi, S. Sufaatin, and U. D. Widianti, “Kajian dokumentasi surat menuju arah paperless unikom,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 12, no. 1, pp. 61–68, 2015.

I. Reja and A. L. Suban, “Analisis Penerapan dan Optimalisasi Sistem Informasi Sekolah Terpadu ( SisTer ) Sebagai perwujudan Paperless Administration Menuju Sekolah Berbasis E-Document,” no. Senapati, 2016.

R. Fojtik, “Ebooks and mobile devices in education,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 182, pp. 742–745, 2015.

N. Jannah, N. Fadiawati, and L. Tania, “Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran J,” Pendidik. dan Pembelajaran Kim, vol. 6, pp. 186–198, 2017.

T. A. Zucker, A. K. Moody, and M. C. McKenna, “The effects of electronic books on pre-kindergarten-to-grade 5 students’ literacy and language outcomes: A research synthesis,” J. Educ. Comput. Res., vol. 40, no. 1, pp. 47–87, 2009.

S. Nengsi, “Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh,” J. Ipteks Terap., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2016.

I. G. Margunayasa, “Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Pada Mahasiswa PGSD,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 3, no. 1, 2014.

E. Susantini and L. Lisdiana, “Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 2, 2012.

B. I. Anshari, M. Yutika, M. Dede, and R. E. Rahayu, “Islamic Education Learning Design Based on" Sistem Among",” 2018.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Alf. Bandung, 2014.

S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet,” Ke-13, 2010.

L. Nopilda and A. A. Setiawan, “Building the Environmental Care Culture in the Paperless Society Trend: Case Study at SMK Negeri 1 Suak Tapeh Banyuasin District, South Sumatra,” in Padang International Conference on Educational Management And Administration (PICEMA 2018), 2019.

B. Ramdhan, S. Triwulandari, and A. Juhanda, “Pengembangan Instrumen Uji Kompetensi Kinerja Laboratorium Untuk Mahasiswa Calon Pendidik Biologi,” 2016.

F. D. Syamsu, “Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap,” Bionatural J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 4, no. 2, 2018.

S. Purnamasari, “Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia SMA Pada Pokok Bahasan Stoikiometri,” Skripsi diterbitkan. Jakarta UPI, 2012.

G. Browne and M. Coe, “Ebook navigation: Browse, search and index,” Aust. Libr. J., vol. 61, no. 4, pp. 288–297, 2012.

R. Utaminingsih and A. Rahayu, “Profil Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Taman Muda Se Kota Yogyakarta,” SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 3, no. 1, 2017.

I. Istiqomah, K. Kuncoro, D. Oktaviani, and A. Sujadi, “Developing Number Theory Textbook to Improve Understanding of the Prospective Teachers’ Concept,” no. 157, 2019.

Y. Prihatni, “Pendekatan Saintifik dalam Ajaran Ki Hadjar Dewantara,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 280–300, 2014.

I. Rahayu, A. S. Purnami, and D. Agustito, “Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6096

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6096.g2932

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter