Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Fluida Statis

Atika Rohmatul Fitri

Abstract


Fisika adalah mata pelajaran yang membahas tentang  peristiwa dan gejala alam, yang melibatkan langkah ilmiah dan dipelajari secara empiris, logis, sistematis, dan  rasional Fluida statis termasuk topik yang sukar, pokok bahasannya berhubungan dengan peristiwa-peristiwa nyata dikehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada fluida statis. Penelitiannya adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal yang terdiri dari 5 soal esai. Penelitian dilakukan kepada 22 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung menyelesaikan soal  secara matematis saja. Penelitian menunjukkan  masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep Hukum Hidrostatis dan Hukum Pascal yang dapat mempengaruhi pemecahan masalah yang dilakukan. Dari analisis data didapatkan  mahasiswa memiliki skor rendah karena tidak memperhatikan indikator-indikator pemecahan masalah. 

Full Text:

PDF

References


A. Hinduan, W. Setiawan, P. Siahaan, and I. Suyan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Fisika Handbook Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama, 2007.

W. J. Gerace and I. D. Beatty, ‘Teaching vs. Learning: Changing Perspectives on Problem Solving in Physics Instruction’, 9th Common Conf. Cyprus Phys. Assoc. Greek Phys. Assoc. Dev. Perspect. Physics—New Technol. Teach. Sci., 2005.

B. Hedge and B. N. Meera, ‘How Do They Solve It ? An Insight into the Learner’s Approach to The Mechanism of Physics Problem Solving’, Phys. Educ. Res., pp. 1–9, 2012.

G. S. Selçuk and S. Çalı, ‘The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use’, vol. 2, no. 3, p. 16, 2008.

P. Suwasono and E. Puspitasari, ‘Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan Tahun 2016/2017 pada Materi Fluida Statis’, vol. 1, no. 1, p. 5, 2016.

R. A. Serway and J. W. Jewett, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, Ninth Edition. United States of America, 2014.

R. D. Knight, Physics for Scientists and Engineers : A Strategic Approach with Modern Physics, 4th edition. United States of America: Pearson Education, Inc., 2017.

I. Purnamasari, L. Yuliati, and M. Diantoro, ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Fluida Statis’, Semin. Pend IPA Pascasarj. UM, vol. 2, pp. 191–195, 2017.

M. N. R. Jauhariyah, ‘Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Problem Based Learning dalam Perkuliahan Telaah Kurikulum Fisika II pada Materi Fluida’, J. Pena Sains, vol. 4 (1), 2017.

A. Sijabat, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2016.

R. Azizah, L. Yuliati, and E. Latifah, ‘Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA’, J. Penelit. Fis. Dan Apl. JPFA, vol. 5 (2), pp. 44–50, 2015.

E. Puspitasari, ‘Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMAN 1 Turen pada Materi Fluida Statis’, Universitas Negeri Malang, Malang, 2016.

S. Nurazizah, ‘Pengaruh STEM pada Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada Pokok Materi Fluida Statis’, Universitas Negeri Malang, Malang, 2019.

A. Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

L. Rohmah, S. H. B. P, and Yushardi, ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMAN Jember’, J. Pembelajaran Fis., vol. 7(4), pp. 328–333, 2018.

P. B. Kohl and N. D. Finkelstein, ‘Patterns of Multiplr Representations Use by Experts and Novices during Physics Problem Solving’, Phys. Rev. Spec. Top. Phys. Educ. Res., vol. 4 (1), 2008.

A. Yadaeni, S. Kusairi, and Parno, ‘Kesulitan Siswa dalam Menguasi Konsep Fluida Statis’, Pros. Semnas Pend IPA Pascasarj. UM, vol. 1, pp. 52–65, 2016.

Ikhwanuddin, A. Jaedun, and D. Purwantoro, ‘Problem Solving dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis’, J. Kependidikan, vol. 40(2), pp. 215–230, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6210

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6210.g2933

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter