Nationalism Character Building by Value Clarification Technique (VCT)

Indah Perdana Sari, Intan Kurniasari Suwandi

Sari


This study aims to describe the building of nationalism character through VCT. It is a literature study that contains the result of the use of VCT as a means of character building to elementary school students. The building of nationalism character can be more optimal because VCT is a way to deliver the lesson to educate the students in order to let them identify, judge, and make decisions to the problems of their daily life. In addition, VCT is a good way for affective learning because the process of value building was conducted by the value analysis process that existing among the students. The previously existing value then be aligned with the new values that will be build. Based on the assessment conducted, it can be concluded that VCT can be used in building of nationalism value.

Kata Kunci


Nationalism, VCT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamalik, O. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Depdiknas. Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Buchori, M. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius, 2001

Tilaar, H.A.R. Perubahan Sosial dan pendidikan, pengantar pedagogic transformative untuk Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widyasarana Indonesia berkerjasama dengan Center for Education Development Studies, 2002.

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenada Group, 2014.

Apriani, A; Sari, IP; Suwandi, IK. “Pengaruh Living values education program (LVEP) terhadap penanaman karakter nasionalisme siswa SD dalam pembelajaran tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol 1 No.2, 2017,pp 102-112.

Parwati, D., Purnomo, B., dan Syarifuddin A., “Pengaruh Model Value Clarification technique (VCT) dalam pembelajaran sejarah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI SMAN 1 Kota Jambi, “ unpublised.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Group, 2014.

Herniwati. “Menanamkan Nilai Nasionalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PTK Pada Siswa Kelas VI SDN 88 Perumnas UNIB Bentiring”. Jurnal Kependidik Triadik, Vol 14 No 1, 2011, pp84-91.

Sekolahdasar.net. (2011). Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). http://www.sekolahdasar.net/2011/04/pembelajaran-value-clarification.html.

Doni Koesoema A. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: PT Kanisius, 2011.

Aman. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2011.

Sunarso, dkk, Pendidikan Kewarganegaraan PKn untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Rukiyati, dkk. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggu. Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Adisusilo, Sutarjo. JR. Pembelajaran nilai karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2012.

Richardo, R., “Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013” Literasi, vol VII No2, 2016, pp 118-125.

Attarian, A, Integrating values clarification into outdoor adventure programe and activities. Jurnal of physical education, recreation & dance. Proquest, 1996, pp41-44.

Rachmadyanti, P, Rochani, “Pengembangan Social Skill Siswa Sekolah Dasar melalui Teknik Pembelajaran VCT” Dwijacendekia, vol 1(2) (2017), 2017, pp 70-78, Desember.

Darmadi, Hamid. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta, 2007.

Djajari. Model Pembelajaran Inovatif dan Proses Pembelajaran Konvensional. Jakarta: Balai Pustaka, 2012.

Sadono, M.Y. dan Masruri, M,S. “Keefektifan VCT dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Nilai Nasionalisme, Demokrasi, dan Multikultural,” Harmoni Sosial, vol 1 Nomor 1, 2014, pp71-82.

Karmila, M. “Implementasi Pendidikan Klarifikasi Nilai atau Value Clarification Techinc (VCT) dalam Pembelajaran Moral pada Anak Usia Dini,” PAUDIA, Volume 2 No 1, 2014, pp 126-141.

Tyas, SP dan Mawardi, “Keefektifan model pembelajaran value clarification technique dalam mengembangkan sikap siswa” Satya Widya, Vol 32, No.2, 2016, pp103-106.

Rejeki, S., “Penggunaan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan Civic Dispositorion pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Kalasan 1 Sleman, “ unpublised.

Wibowi, A. “Keefektifan Metode klarifikasi nilai dalam meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran PKn,” JIPSINDO, vol 2 Nomor 1, 2015, pp66-82.

Wulung, Fergiono. “Efektifitas VCT Dalam Meningkatkan mOtivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn,” Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwiyadi, “Penggunaan Metode VCT dengan Kartu Keyakinan (Evidance Card) Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Balikpapan”. Jurnal [online]. 2005. (http://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-1-no-2-suwiyadi.pdf)


Article Metrics

Sari view : 22 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.