PENINGKATAN PRODUKTIVITAS WEDANG UWUH INSTAN SRUPUT SEBAGAI MINUMAN TRADISIONAL UNTUK MEMAJUKAN INDUSTRI MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA

Elly Wuryaningtyas Yunitasari, Emmy Nurhayati

Sari


Produk Wedang Uwuh Instan Sruput merupakan minuman tradisional yang diangkat menjadi minuman konsumtif masyarakat zaman sekarang.Minuman kegemaran Raja Jogja ini awalnya disajikan dalam kemasan mentah (bahan baku asli rempah-rempah yang langsung diseduh dengan air panas).Seiring dengan perkembangannya,saat ini muncul wedang uwuh instan yang merupakan hasil ekstraksi bahan asli ke bentuk serbuk.Permasalahan muncul ketika di dalam proses produksi terjadi waste.Hal ini mempengaruhi produktivitas produk Wedang Uwuh Instan Sruput.Tujuan penelitian ini mengidentifikasi dan meminimalkan waste yang terjadi pada proses produksi wedang uwuh instan sruput,mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi waste pada proses produksi wedang uwuh instan sruput,memberikan rekomendasi terhadap pengurangan waste.Objek penelitian ini adalah produk Wedang Uwuh Instan Sruput.Target khusus dari penelitian ini adalah terciptanya produk wedang uwuh instan yang dapat ditingkatkan produktivitasnya melalui Value Stream Mapping (VSM) dan penerapan Just in Time (JIT) yang mampu meminimalisir waste.Berdasarkan hasil penelitian,waste yang terjadi yaitu Defects,Unnecessary Inventory,Inappropriate Processing,Excessive Transportation,Waiting dan Unnecessary.Faktor penyebab yang mempengaruhi yaitu pembelian bahan baku yang belum ada Standart Operasional Procedure (SOP),lamanya proses produksi,kemampuan operator produksi yang berbeda-beda serta proses produksi yang masih manual.Rekomendasi terhadap pengurangan waste dilakukan dengan penerapan Metode Just in Time (JIT) yang dapat mengurangi beberapa pemborosan seperti produk cacat,persediaan bahan baku,proses yang tidak baik (sia-sia) serta waktu proses.Terjadi perubahan jumlah aktivitas pada proses operasi dari 11 menjadi 12 aktivitas.Sedangkan jumlah aktivitas delay yang terjadi turun dari 2 menjadi 1 aktivitas.Nilai Process Cycle Time (PCE) adalah 60,56% dimana nilai ini menunjukkan peluang untuk peningkatan Efficiency system masih sangat besar,maka aktivitas-aktivitas yang masuk dalam Non Value Added harus direduksi.

Kata Kunci: wedang uwuh, value stream analysis tool, just in time, waste



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ari Zaqi Al Faritsy, Suseno, Mei 2015, Peningkatan Produktivitas Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Six Sigma, Lean dan Kaizen, Jurnal Teknik Industri, Vol. X, No. 2, 103-116.

Felicia Tedja Widjaja, Siana Halim, Juli 2015, Penerapan Value Sream Mapping untuk Allocation Planning di PT. X, Jurnal Titra, Vol. 3, No. 2, 135-142.

Goldie Salamah Intifada, Witantyo, 2012, Minimasi Waste (Pemborosan) Menggunakan Value Stream Analysis Tool Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Produksi, Jurnal Teknik POMITS, Vol. 1, No. 1, 1-6.

Heizer, Jay H., and Barry Render, 2004, Operation Management, Volume 1.Pearson Prentice Hall, Pennsylvania State University.

Rother, M., and J. Shook, 1999, Learning to See : Value Stream Mapping to Add Value and eliminate Muda, 1.2 edition; Brookline, MA : The Lean Enterprise Institute, Inc.

Thomas Prayogo, Tanti Octavia, Juli 2013, Identifikasi Waste dengan Menggunakan Value Stream Mapping di Gudang PT. XYZ, Jurnal Titra, Vol. 1, No. 2, 119-126.

Wahyu Adrianto, Muhammad Kholil, Oktober 2015, Analisis Penerapan Lean Production Process Untuk Mengurangi Lead Time Process Perawatan Engine (Studi Kasus PT. GMF AEROASIA), Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 14, No. 2, 299-309.

Yesmizarti Muchtiar, Aidil Ikhsan dan Ayu Bidiawati, Desember 2014, Pemetaan Pemborosan Dalam Proses Produksi Kantong Semen Menggunakan Value Stream Mapping Tools, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 13, No. 2, 156-164.

Yosua Caesar Fernando, Sunday Noya, Oktober 2013, Optimasi Lini Produksi Dengan Value Stream Mapping Dan Value Stream Analysis Tools, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 1, No. 3, 125-133.


Article Metrics

Sari view : 231 times
PDF - 580 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.