PENENTUAN JUMLAH OPTIMAL LOKET PELAYANAN SAMSAT SLEMAN DENGAN PEMODELAN SIMULASI

Masrul Indrayana

Sari


Samsat atau satuan pelayanan satu atap merupakan satu langkah pemerintah dalam memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Kabupaten Sleman memiliki dua Unit Samsat yang berada di Jl.Magelang dan Jl.Solo. Apabila dilihat dari banyaknya pelanggan yang antri di kursi ruang tunggu Samsat Sleman, dapat digambarkan bahwa kondisi pelayanan Samsat Sleman khususnya yang berada di Jl. Magelang km.15 saat ini jauh dari keadaan baik. Suasana antri terjadi di keseluruhan loket; loket kepolisian, loket pemda dan loket bank. Sehingga dapat diduga bahwa laju atau jumlah loket pelayanan Samsat Sleman saat ini belum dapat mengimbangi laju kedatangan masyarakat atau pelanggan di loket pelayanan.

Eksperimentasi pada sistem nyata akan sering terkendala pada kebijakan dan ketersediaan sumber daya organisasi. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan dengan membangun model yang sesuai dengan sistem nyata. Model akan dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan terbaik bagi sistem nyata. Salah satu model yang dapat menggambarkan sistem nyata dengan cara terbaik adalah dengan menggunakan model matematis simulasi.

Berdasarkan metode analisis pemodelan simulasi dan bantuan perangkat lunak Arena, diperoleh rata-rata waktu pelanggan dalam sistem pelayanan Samsat Sleman sebesar 22,392 menit. Setelah dilakukan eksperimentasi perubahan sistem pelayanan khususnya di loket kepolisian, maka ditemukan perubahan waktu pelayanan di loket kepolisian semula 13,034 menit menjadi 3,594 menit.

 

Kata Kunci: Pelayanan Samsat Sleman, Waktu Pelayanan, Simulasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hiller, Frederik S dan Lieberman, Gerald J(1990) Introduction to Operational Research, Mc Graw Hill, Singapore

Indrayana, Masrul (2011) Penentuan Jumlah Kendaraan Transjogja pada Suatu Trayek dengan Metode Simulasi, Jurnal Teknik Industri, Vol.9 Nomor 17, Universitas 45 surabaya

Kelton, David., Sadowski, Randall., and Sadowski, Deborah (1998) Simulation with Arena, McGraww-Hill, New York

Khoshnevis, Behrokh (1994) Descrete Systems Simulation, McGraww Hill, New York.


Article Metrics

Sari view : 97 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.