PENGUKURAN KUALITAS DAN BRAND DENGAN METODE AHP (ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS)

Yaning Tri Hapsari

Sari


Faktor intangibles merupakan faktor tidak terukur yang mendukung keunggulan kompetitif perusahaan, di mana faktor intangibles berperan terhadap kemajuan perusahaan. Penelitian ini mengukur kualitas dan brand sebagai faktor intangibles yang mempengaruhi penentuan harga jasa laundry. Pengukuran faktor intangibles ini menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Pengukuran faktor intangibles dengan metode AHP untuk mengetahui faktor intangibles yang paling berpengaruh dalam penentuan harga jasa laundry. Kriteria dari faktor intangibles kualitas yang dipertimbangkan dalam penentuan harga adalah lama pengerjaan, teknik pengerjaan, dan prosedur pelayanan. Sedangkan kriteria dari faktor intangibles brand yang mempengaruhi penentuan harga jual di jasa laundry yaitu brand dan strategi marketing. Faktor intangibles yang paling berpengaruh terhadap harga jual adalah kualitas yaitu dengan bobot 0,73, sedangkan bobot brand hanya 0,27.

 

Kata kunci: Faktor intangibles, AHP, kualitas, brand.                           


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andonova, V., dan Ruíz-Pava, G., 2016, The Role Of Industry Factors And Intangibles Assets in Company Performance in Colombia, Journal of Business Research, 69, pp. 4377–4384.

Haigh, D., dan Knowles, J. 2010. Brand Valuation: What it means and Why it Matters. IAM Supplement No.1, pp. 18-22.

Hapsari, Y.T., dan Sudiarso, A., 2014, Penentuan Harga Jual Produk Dengan Mempertimbangkan Biaya Produksi Dan Faktor Intangibles Menggunakan Pendekatan Fuzzy Logic, 1st Annual Conference in Industrial and System Engineering, pp.125-132.

Kotler, P., dan Armstrong, G., 2011, Principles of Marketing, 14th ed, Pearson Education, Inc, Prentice Hall.

Kurniawan, V.R.B., 2016, Pengukuran Nilai Intangible Pada Project Based Organization, Jurnal SCIENCETECH Vol 2 No 1. pp. 106-111.

Rimantho, D., dkk, 2017, Pemilihan Supplier Rubber Parts Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Di PT.XYZ, Jurnal Rekayasa Sistem Industri Vol. 6 no. 2. pp. 93-104.

Saaty, T.L., 1980, The Analytic Hierarchy Process, Mc-Graw Hill, United States of America.


Article Metrics

Sari view : 61 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.