DESAIN DAN ANALISIS EKSPERIMEN MENGGUNAKAN BLOK LENGKAP ACAK PADA KASUS DATA HILANG DI PT. ABC

Elly Wuryaningtyas Yunitasari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui data produksi yang hilang dan memberikan analisa dari hasil perhitungan Anava. Target khusus penelitian ini adalah mengetahui data produksi yang hilang di PT. ABC akibat mesin yang rusak, pemadaman listrik dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain dan Analisis Eksperimen menggunakan Blok Lengkap Acak pada kasus data hilang. Desain Blok Lengkap Acak  merupakan sebuah desain dengan unit-unit eksperimen di dalam blok yang relatif bersifat homogen dan banyak unit eksperimen di dalam sebuah blok sama dengan banyak perlakuan yang sedang diteliti. Perlakuan dikenakan secara acak kepada unit-unit eksperimen di dalam tiap blok. Kadang-kadang ketika dilakukan penelitian ataupun pengamatan terjadi sebuah atau mungkin lebih pengamatan yang hilang. Dalam desain acak sempurna, hilangnya pengamatan tidaklah menimbulkan kesulitan oleh karena selalu dapat dibuat desain acak sempurna berdasarkan ukuran sampel ni yang berbeda-beda. Tetapi untuk desain blok lengkap acak, hal ini mengakibatkan hilangnya keseimbangan atau sifat simetri atau pula sifat orthogonal dikarenakan baik ∑βi maupun ∑πj tidak lagi sama dengan nol. Hasil dari penelitian ini yaitu data yang hilang tersebut bernilai 239,745 yard. Penelitian memberikan hasil yang tidak signifikan mengenai perbedaan rata-rata hasil produk keempat mesin tersebut.

 

Kata kunci: Blok Lengkap Acak, Desain dan Signifikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gaspersz, V., 1991, Metode Perancangan Percobaan, CV Armica, Bandung.

Montgomery, D.C., 2006, Design and Analysis of Experiment 6nd, John Willey & Sons Inc, New York.

Steel, R.G.D and Torrie, J.H., 1989, Prinsip dan Prosedur Statistika : Suatu Pendekatan Biometrik Edisi 1, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, (Alih Bahasa : Ir. Bambang Sumantri).

Sudjana, 1995, Desain Dan Analisis Eksperimen, Edisi keempat, Penerbit PT. Tarsito, Bandung.

Supartini, E., 2015, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. Diunduh 24 Juli 2016.

Wadiharih, T., 2007, Jurnal Estimasi Data Hilang Pada Rancangan Acak Kelompok Lengkap. FMIPA, UNDIP, Semarang http://ebookbrowse.com/5-tati-w-doc-d33814296. Diunduh 24 Juli 2016.


Article Metrics

Sari view : 102 times
PDF - 446 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.