STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKTIVITAS DAN EFISIENSI PERUSAHAAN

Emmy Nurhayati

Sari


PT. EFG adalah suatu perusahaan yang memproduksi sarung tangan. Perusahaan selalu menetapkan target produktivitas operator/jam dan efisiensi dalam kegiatan proses produksinya. Akan tetapi, sering terjadi tingkat produktivitas operator maupun efisiensi yang tidak sesuai target. Oleh sebab itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi yang diharapkan oleh perusahaan. Melalui pendekatan just in time yang digunakan dalam penelitian ini, diharapkan tingkat produktivitas dan efisiensi perusahaan dapat tercapai sesuai target. Tingkat efisiensi perusahaan dapat semakin mendekati target, dari yang sebelumnya di bawah 80%, menjadi lebih dari 80% dan mendekati 85%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terlihat bahwa tingkat produktivitas operator/jam dan efisiensi perusahaan hampir dapat dicapai dengan tingkat produktivitas sebesar 2,58 dari yang sebelumnya 2,07 dengan target produktivitas operator/jam sebesar 2,75 dan tingkat efisiensi rata-rata sebesar 83,20% dari yang sebelumnya 75,24% dengan target efisiensi sebesar 85%.   

 

Kata kunci: produktivitas, efisiensi, just in time.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Faritsy, Ari Zaqi dan Suseno. 2015. Peningkatan Produktivitas Perusahaan dengan Menggunakan Metode Six Sigma, Lean dan Kaizen. Jurnal Teknik Industri, Vol. X, No. 2, Mei 2015. Jurusan Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Gaspersz, Vincent. 1998. Manajemen Produktivitas Total: Strategi Peningkatan Produktivitas Global. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi 11. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Liker, Jeffrey K. 2006. The Toyota Way: 14 Prinsip Manajemen dari Perusahaan Manufaktur Terhebat di Dunia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Schniederjans, Marc J. 1993. Topics in Just-in-Time Management. United States of America: Allyn & Bacon.

Yunitasari, Elly W. dan Emmy Nurhayati. 2017. Peningkatan Produktivitas Wedang Uwuh Instan Sruput Sebagai Minuman Tradisional untuk Memajukan Industri Mikro, Kecil dan Menengah di Wilayah Kota Yogyakarta. Industrial Engineering Journal of the University of Sarjanawiyata Tamansiswa (IEJST). Volume 1, No. 1. Yogyakarta: Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.


Article Metrics

Sari view : 79 times
PDF - 541 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.