PENGENDALIAN KUALITAS TERHADAP PRODUK CACAT MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOL GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI CV. MADANI PLAST SOLO

Petrus Wisnubroto, Titin Isna Oesman, Wiwin Kusniawan

Sari


CV.Madani Plast Solo merupakan perusahaan yang memproduksi botol lem. Berdasarkan total produksi bulan Desember 2017 sebesar 98.158  unit dengan rata-rata presentase 3.681 unit (3,75%) merupakan presentase jumlah kecacatan, sehingga perlu dilakukan pengendalian kualitas, menggunakan metode seven tools guna mengetahui tidak ter-aturan dalam proses produksi  dan menyebabkan semakin besar kesalahan yang terjadi di ruang produksi. Metode penelitian ini adalah 7 alat kendali / seven tools (check sheet, histogram, scater diagram, stratifikasi, diagram pareto, control chart, fishbone). Kemudian dilakukan perencanaan pengendalian kualitas produk cacat botol lem guna meningkatkan produktivitas. Hasil penelitian menggunakan metode seven tools didapatkan jenis kecacatan produk botol lem sebanyak 5 kecacatan jenis bubbles, shinkmark, short shot, flow mark dan warping. Hasil analisis diagram histogram kecacatan tertinggi produk botol lem terdapat pada jenis kecacatan bubbles yaitu sebesar 640 unit. Hasil analisa diagram pareto jenis cacat bubbles berada pada angka (22,9%). Penyebab utama dari hasil fishbone diagram disebabkan manusia (tenaga kerja ceroboh), bahan baku tidak sesuai standar, metode kerja tidak sesuai SOP, mesin kurang perawatan. Hasil perhitungan tingkat produktivitas semua aspek yang diamatai pada bulan januari 2018 nilai tertinggi tingkat produktivitas terjadi pada pengamatan ke-19 sebesar 344,41 dari priode dasar dan nilai terendah pada pengamatan ke-9 sebesar 155,54 dari priode dasar.

 

Kata kunci: produk cacat, pengendalian kualitas, seven tools, produktivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tjiptono, F & Diana, A., 2003, Total Quality Management, Edisi Revisi, Penerbit ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Wignjosoebroto. S., 2000, Ergonomi Studi Grak dan Waktu: Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Jakarta, Guna Widya, Edisi Pertama Cetakan Kedua.

Yamit Z, 2004, “Manajemen Kualitas” Penerbit Ekonizia (UII),Yogyakarta.


Article Metrics

Sari view : 26 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.