PROFIL KEPEMIMPINAN MANAJER FUNGSIONAL DI INDONESIA

Dyah Ari Susanti

Sari


Kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah organisasi. Setiap negara memiliki karakter kepemimpinan masing-masing. Penelitian mengenai kepemimpinan sebelumnya telah dilakukan di berbagai negara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum mengenai kepemimpinan manajer fungsional di Indonesia yang meliputi definisi kepemimpinan, asal usul kepemimpinan, karakter pemimpin, risk attitude, pemimpin sukses dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian exploratory dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kuesioner disebarkan baik berupa hard copy, secara elektronik berupa email dan juga melalui online-survey. Survey dilakukan pada 94 responden yang telah berpengalaman memimpin minimal selama 2 tahun. Teknik Sampling yang digunakan adalah kombinasi antara judgement sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian divalidasi kembali pada praktisi di lapangan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif. Berdasarkan hasil penelitian definisi kepemimpinan didapatkan kata tegas, teladan, visi, pengaruh, tanggung jawab, jujur, tujuan, organisasi, komunikasi, dan disiplin. Kepemimpinan merupakan sesuatu yang dapat dipelajari. Karakter dari kepemimpinan manajer fungsional adalah inovasi, rutinitas, budaya, SDM, kebosanan, efektif, efisien, disiplin, politik, dan kaku. Risk attitude yang dipersepsikan untuk manajer fungsional. Kemudian definisi dari kepemimpinan yang sukses identik dengan kata target dan tujuan. IQ dan EQ cenderung berpengaruh pada kepemimpinan sukses dan efektif.

 

Kata Kunci:  manajer fungsional, kepemimpinan, eksploratori, kualitatif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bass, B. M., dan Stogdill, R., 1990, Handbook of leadership, New York: Free Press

Dulewicz, V., dan Higgs, M. J., 2003, Design of a New Instrument to Assess Leadership Dimensions and Styles. Henley Working Paper Series HWP 0311. Henley-on-Thames, UK: Henley Management College.

Dulewicz, V., dan Higgs, M. J., 2005, Assessing Leadership Styles and Organisational Context, Journal of Managerial Psychology, Vol. 20 No. 1, pp. 105-23.

March, J.G., dan Saphira, Z.,1987 Managerial Perspectives on Risk and Risk Taking, Management Science, Vol. 33, No. 11, November 1987 Printed in U.S.A.

Turner, J. R., dan Muller, 2005, The Project Manager’s Leadership Style As A Success Factor on Project; A Litterature Review”, Project Management Journal , Vol. 36 No. 2, pp. 49-61

Susanti, D, A., 2016., Perbandingan Kepemimpinan Manajer Proyek dan Non-Proyek di Indonesia, Tesis, Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Yukl, G. A., 1981, Leadership in Organization, Pearson Education: India.


Article Metrics

Sari view : 9 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.