USULAN PERBAIKAN SISTEM AKSESIBILITAS PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS DENGAN PENDEKATAN DINAMIKA SISTEM (STUDI KASUS DI STASIUN YOGYAKARTA)

Satrio Wibowo Mahardika, Emmy Nurhayati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil causal loop diagram, hasil simulasi dinamika sistem dan untuk merekomendasikan solusi perbaikan sistem yang dapat diterapkan untuk meningkatkan nilai kepuasan di stasiun untuk para penyandang disabilitas. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara kepada seluruh anggota Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan metode sistem dinamik dengan perangkat lunak powersim. Model diawali dengan pembuatan Causal Loop Diagram (CLD), kemudian Stock Flow Diagram (SFD), dan dihasilkan suatu model simulasi berupa grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil causal loop diagram terdiri dari perilaku-perilaku penumpang non disabilitas terhadap disabilitas, fasilitas ramah disabilitas, dan pelayanan pengelola stasiun. Hasil rekomendasi yaitu jika tidak dilakukan perbaikan maka terjadi penurunan nilai kepuasan secara drastis atau grafik akan menurun, jika dilakukan perbaikan dalam jangka pendek grafik akan fluktuaktif, dan jika dilakukan perbaikan dalam jangka panjang maka grafik akan stagnan dan stabil.

 

Kata kunci: aksesibilitas publik, difabel, transportasi, sistem dinamik, powersim.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) pertemuan pada tanggal 8 Oktober 2018.

https://www.liputan6.com/tv/read/2243080/stasiun-kereta-masih-minim-fasilitas-untuk-penyandang-difabel, diakses pada Kamis, 1 November 2018 pada pukul 08.23)

Koelling, P., and Schwandt, M. J., 2005, Health System A dynamics System-benefit from System dynamics. Journal. USA

Pemerintah Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 06/PRT/M/2006 Tentang Pedoman Umum Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum


Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.