EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN DENGAN FUZZY LOGIC

Yaning Tri Hapsari, M. Sulkhanul Umam

Sari


Evaluasi pembelajaran dari siswa kepada pengajar dilakukan untuk mengukur kinerja mengajar dan meningkatkan kualitas pengajaran, sejauh mana materi dan metode yang digunakan oleh pengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model evaluasi proses pembelajaran pengajar (dosen) dari persepsi mahasiswa di Program Studi Akuntansi Universitas PGRI Yogyakarta dengan fuzzy logic. Obyek penelitian ini adalah pengajar/dosen di Universitas PGRI Yogyakarta Program Studi Akuntansi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa Program Studi Akuntansi UPY dengan menggunakan skala Likert. Kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran dosen ada empat yaitu Lecturer planning and preparation, Delivery techniques, Assessment, dan Student-lecturer relation. Model evaluasi proses pembelajaran dengan fuzzy logic menghasilkan nilai MAPE 0,033 dan R^2 sebesar 0,726.

 

Kata Kunci: evaluasi proses pembelajaran, kriteria penilaian, fuzzy logic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asrul, Ananda, R., dan, Rosnita, 2014, Evaluasi Pembelajaran, Citapustaka Media, Bandung.

Abedin, N.F.Z., Taib, J.M., dan Jamil, H.M.T., 2014, Comparative Study on Course Evaluation Process: Students’ and Lecturers’ Perceptions, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 380 – 388.

Hernandez-Lopez, L., García-Almeida, D.J., Ballesteros-Rodríguez, J.L., dan Saa-Perez, P.D., 2016, Students' Perceptions of the Lecturer's Role in Management Education: Knowledge Acquisition and Competence Development, The International Journal of Management Education, 14, 411 - 421.

Malhotra N.K., dan Birks, D.F., 2007, Marketing Research: An Applied Approach, Pearson Education, England.

Owusu-Agyeman, Y., Larbi-Siaw, O., Brenya, B., dan Anyidoho, A., 2017, An Embedded Fuzzy Analytic Hierarchy Process for Evaluating Lecturers’ Conceptions of Teaching and Learning, Studies in Educational Evaluation, 55, 46–57.

Ozdemir, O., dan Tekin, A., 2016, Evaluation of the Presentation Skills of the Pre-Service Teachers Via Fuzzy logic, Computers in Human Behavior, 61, 288-299.

Samian, Y., dan Noor, N.M., 2012, Students’ Perception on Good Lecturer Based on Lecturer Performance Assessment, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 783 – 790.

Yousif, M.K., dan Shaout, A., 2018, Fuzzy logic Computational Model for Performance Evaluation of Sudanese Universities and Academic Staff, Journal of King Saud University – Computer and Information Sciences, 30, 80–119.


Article Metrics

Sari view : 25 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.