Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik

Autor(s): Septi Lestari, A Andinasari, Allen Marga Retta
DOI: 10.30738/indomath.v3i1.6356

Abstract

This study aims to improve the representation ability by using generative learning models in 31 state junior high school in Palembang. The method used in this study is a Quasi experimental design with Randomized pretest-posttest, with a sample consisting of class VII.1 as an experimental class taught with generative learning model adan class VII.2 as a control class taught with a convensional learning model. Data analysis techniques in this study used N-gain and Independent sample t-test analysis. The result of this study indicate that there is an increase in the mathematical representation ability of students who get generative learning models with a N-gain of 0.70 than those who get conventional learning models with a N-gain  of 0,38 in 31 state junior high schools in Palembang.

Keywords

mathematical representation, generative learning.

Full Text:

PDF

References

Aryanti, D., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Dewi, I., Saragih, S., & Khairani, D. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.8863

Ekaputri, Y. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan Sekolah Dan Pengurusan Sekolah.

Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9685

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99.

Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90

Isrok’atun & Ameliah R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.

Istiqomah, Tandililing, E., & Hartoyo, A. (2016). Kemampuan Komunikasi dan Representasi Matematis dalam Pembelajaran Berbantuan Lembar Kerja Siswa Berbasis Teori Bruner. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Junita, R. (2016). Kemampuan representasi dan komunikasi matematis peserta didik SMA ditinjau dari prestasi belajar dan gaya kognitif. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10655

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mardiana, D., & Martina, E. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP. UJMES.

Minggono, S., Sugianto, & Jamiah, Y. (2013). Kemampuan representasi matematis siswa dalam pertidaksamaan pecahan di kelas x sma. Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 1–10.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan, 9(1), 75–90.

Nugroho, I. D., & Widodo, S. A. (2018, February). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Nurkaeti, N. 2015. Efektifitas Pendekatan Generatif dalam Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas III dakam Materi Jenis dan Besar Sudut. Skripsi tidak diterbitkan. Cirebon: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rangkuti, A. N. (2014). Representasi Matematis. Jurnal Forum Paedagogik.

Retta, A. M. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Dasar. Prosiding SNMPM.

Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Seniasih, N.K., dkk. (2019). Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7 No 3 Tahun 2019.

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanggerang selatan. Skripsi tidak diterbitkan : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yulia, N., & Surya, E. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika. ResearchGate.

Zulkarnain, I., & Rahmawati, A. (2016). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.