Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi

Bayu Hatmokomukti Wiyono, Widodo Budhi

Abstract


The aim of this research was to find out the impact of using CTL method toward the students’ learning achievement in the science of grade VIII reviewed from communication ability. The object of this research was the students’ learning achievement in a science subject. This type of the research is quasi-experiment. The techniques of collecting the data are using test, questioner, and documentation. The instrument test is multiple choice; consist of  40 questions and questioner consist of 30 statements. As the result, the researcher obtained f calculate = 5,962 with p = 0,016, the average of learning result is 28,37, the average of the questioner is 75,03. based on the average of the learning achievement and questioner, there is an impact of using CTL method toward the students’ learning achievement in the science of grade VIII reviewed from communication ability.

Keywords


CTL, Science, Communication ability

References


Agus Ridwanulloh, dkk. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana

Agus Prihatin dan Astuti Wijayanti. 2017. PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE SISWA KELAS VIII E MTS NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 4 No 2 Bulan September 2017. Hal 1-12.

Aulia Chaqiqi. 2013. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas VII di SMPN 16 Surabaya. Di Akses Pada Hari Rabu 18 Oktober 2017 Pukul 14.00

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi Dasar Pendidikan IPA Untuk SMP/MTS. Jakarta: BSNP.

Doni Sabroni. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. UIN Raden Intan Lampung. Di Akses Pada Hari Rabu 18 Oktober 2017 Pukul 14.00

Fina Faulina, Linda Fitria. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Pendekatan Icare Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Heri Permana Sakti dan A. A. Sujadi. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Wangon. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 3, November 2014.

Hotmaria Menanti S dan Arief Aulia Rahman. 2015. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Contekstual Teaching and Learning (CTL) di SD Islam Khalifah Annizam. Jurnal Bina Gogik. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/4385/3387

Kana Hidayah, Sadono. 2006. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Statistik dan Statistika di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Jurnal Penelitian Bappeda Kota Yogyakarta . Vol.1, No. 1, Desember 2006. Hlm 12-19.

Miftahul Huda. 2013. Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Saras Putri Utami dan Esti Hariani. 2014. Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Team Games Tournament Siswa Kelas III MIMuhammadiyah Ngadipuro I Dukun Magelang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No 2, Juni 2014. Hlm 191-196.

Wulandari dan A. A. Sujadi. 2016. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Kalibawang Kulon Progo. Di Akses Pada Hari Rabu 18 Oktober 2017 Pukul 14.00




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.