Pengaruh quiz team terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa

Meiga Sari Sutamtomo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (2) perbedaan minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Taman Dewasa IP tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data kemampuan awal, teknik tes untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA dan teknik angket untuk mengumpulkan data minat belajar siswa. Teknik analisis data untuk uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama (ANAVA) yang diawali dengan uji prasyaratan anaisis yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan antara model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA (p=0,000), (2) ada perbedaan minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPA (p=0,000), (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA (p=0,024), jika dilihat dari rerata hasil belajar siswa maka ada pengaruh model quiz team terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa.


The influence of quiz team on the science learning outcomes in terms of students learning interest


Abstract

The aim of this research was to know: (1) The difference of learning methods on student’s learning outcomes, (2) The difference between learning interest of study high-ranking and slightingly, (3) Whether or not the interaction between learning Methods and learning interest to learn of student learning towards science learning outcomes. The type of this research is Quasi Experiment. This experiment was conducted in students grade VIII TD IP Junior high school on 2017/2018 school of years. Documentation is the techniques used to collect the primary capability. Test Techniques using for collect data on science learning outcomes and questionnaires for collect data on student learning interest. The data analysis technique is used for hypothesis test which is using two way variance analysis with unequal cell (ANAVA) which begins with the analysis prerequisite test is the test of distribution normality and homogeneity test. The conclusion is: 1) There is an difference between the learning models on the learning outcomes of Science (p=0,000), 2) There is a difference between learning interest of study high-ranking and slightingly for the learning outcomes of Science (p=0,000), 3) There is any interaction between the learning methods and the student’s learning interest to learn toward the learning outcomes of science (p=0,024), if seen from the average of student learning outcomes then there is influence of the team quiz models on learning outcomes in review of student interest in learning.


Keywords


Minat belajar siswa; Hasil belajar IPA; Quiz team; the interest of student’s learning; student’s learning outcomes

References


Abdurrahman, & Lia, P. (2008). Penggunaan LKS Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Hardiyanto, H., Susilawati, S., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ekspositori dengan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTsN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 249-256.

Uno, Hamzah. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hermawati, N. W. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa SMA ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2).

Jasdilla, L., Kuswendi, U., & Ramdhani, S. (2017). Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). JPI. (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 96-105.

Nurlatifah, A., & Ambarwati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 48-54.

Rosida, P., & Suprihatin, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 2 SMU. Proyeksi, 6(2), 89-102.

Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi. Edumatica. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02).

Safitri, S. R., & Budhi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 34-40.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septiyani, A. W., Wilujeng, I., & Susilowati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif The Influence Jigsaw Type Of Cooperative Learning Model To Increased Social Skills And Cognitive Learning Results. E-Journal Pendidikan IPA, 6(8), 444-449.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Silberman, Mel. (2013). Pembelajaran Aktif: 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: Indeks.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sujatmika, S., Hasanah, D., & Hakim, L. L. (2018). Effect of quantum learning model in improving creativity and memory. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1006, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.

Suprijono, A. (2012). Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surayya, L., Subagia, I. W., Tika, I. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Wulandari, Y., Wahyuni, A., & Elisa, E. (2017). Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 202-206.

Yensy, N. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas Viii SMP N 1 Argamakmur. Exacta, 10(1), 24-35.

Yudha, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Sosialitas; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).

Yunita, R., Lestari, R., & Brahmana, E. M. (2015). Minat Belajar Siswa Kelas VIII Terhadap Mata Pelajaran IPA Di Mts. Pp.Hasanatul Barokah Tambusai Timur Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v5i2.2918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL.

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Stats