Pengaruh pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan bertanya siswa

Intan Pramudia, Sigit Sujatmika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Imogiri tahun ajaran 2017/2018 ditinjau dari keterampilan bertanya siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan anacova. Uji prasyarat analisisnya menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linieritas. Hasil penelitian secara komparatif menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar IPA anatara model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran langsung ditinjau dari keterampilan bertanya siswa dengan Fhitung = 17,257 dan p = 0,000. Rerata hasil belajar IPA dan keterampilan bertanya dengan pembelajaran Inquiry lebih tinggi dari model pembelajaran langsung, maka ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII ditinjau dari keterampilan bertanya siswa.

 

Abstract

This research aims to discover the influence of learning inquiry to the learning outcomes of science student of the seventh grade of SMP Negeri 2 Imogiri in terms of their questioning skill, in the academic year of 2017/2018. The type of this research is a quasi-experiment. The technique to collecting data is using test and questionnaires. The technique of the data analysis is using anacova. The test of analysis prerequisite is using the test of normality, homogeneity, and linearity. The outcomes of the research comparatively demonstrates that there is a significant difference of  learning outcomes of natural science (IPA) between inquiry learning model and direct learning model observed by student’s questioning skill with F = 17,257 and P = 0,00. The average of science learning outcomes and questioning skills with Inquiry learning is higher than direct learning model, then there is the influence of the use of Inquiry learning model to the results of science learning of seventh grade students in terms of student's questioning skills.


Keywords


Inquiry Learning Model; Learning Outcomes; Students Questioning Skills

References


Abdi, A. 2014. The effect of Inquiry-Based Learning Method on Student’s academic Achievement in Science Course. Universal Jounal of Educational Research, 2(1): 37-41.

Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anitah Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aulia, F. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaksif Berbasis inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 3(2): 125-32.

Ambarsari, dkk. 2012. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. FKIP UNS.

Camenzuly, J. & Buhagiar, M.A. 2014. Using Inquiry-Based Learning to Support the Mathematical Learning of Students with SEBD. The International Journal Emotional of Education, 6(2): 69-85.

Dimyati dan Mujdiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hasibuan & Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses belajar mengar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lisa Ariyanti Pohan. 2014. Penerapan Teori Piaget pada Pembelajaran IPA. 2 (1): 167-172.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oguzunver, A. & Arabacioglu, S. 2011. Overviews on Inquiry Based and Problem Based Learning Methods. Western Anatolia Journal of Educational Science, 1(1): 303-09.

Salipah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Playing Card Terhadap Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education. 5 (1): 4-6.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujudi, A. 2011. Pendekatan Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Bertanya Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya. 15(1): 1-11.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Unnes Press.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v5i2.2940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL.

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Stats