Efektivitas model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi belajar siswa

Eni Sulichah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental yang secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar IPA dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Mind mapping dan model pembelajaran ekspositori. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Pelajaran 2017/2018 antara model pembelajaran Mind mapping dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa. Analisis data dengan Anacova. Hasil uji anacova didapat Fhitung = 62,244 dengan p = 0,000, karena p < 0,01 maka disimpulkan ada perbedaan yang sangat signifikan. Secara deskriptif kecenderungan hasil belajar IPA dan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Mind mapping lebih tinggi daripada model ekspositori. Berarti model pembelajaran Mind mapping lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa.


Abstract

This research was quasi-experimental research in descriptive aims to find out the results of learning motivation and learning IPA students through the learning Mind mapping model and the model of learning expository. Comparatively to find out the difference a result learn IPA grade VIII SMP Taman Dewasa Ibu PawiyatanYears It Lessons 2017/2018 between learning Mind mapping model and model learning expository learning motivation of students. Data analysis with Anacova. Anacova test results obtained Fcount = 62.224 with p = 0.000 because p <0.01 then it was concluded that there was a very significant difference. In a descriptive study results trend of IPA and the motivation of students with a learning Mind mapping model higher than expository. Mind mapping learning models mean more effective in improving learning results compared to the IPA learning expository learning motivation of students.


Keywords


Mind Mapping; Learning Outcomes; Learning Motivation

References


Agung. (2011). Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran)Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Depok. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : UNY

Aziz, B. (2012). Pengaruh metode pembelajaran peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 12 Binjai. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 1(1), 51-56.

Bobbi Deporter, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman danMenyenangkan, Mizan Pustaka: Bandung, 2013.

Buzan, Tony, 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VI.

Buzan, Tony. 2005. Brain Child: Cara Membuat Anak Jadi Pintar. (Alih Bahasa:Marselita Harapan). Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Devi, R. S., Yuliariatiningsih, M. S., & Mulyati, T. (2015). Efektivitas Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2).

Dewita, H. S., & Amar, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA NI Tanjung Raya. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Dwi Yunita dan Astuti Wijayanti. 2017. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal Sosiohumaniora Vol 3 No 2. Hal 153-160.

Fatimah, S. A., Asri, I. G. A. S., & Wiyasa, I. K. N. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kognitif Ips Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Hamzah B. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. N. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 9(1), 62-75.

Karim, A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam (Ski) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. QUALITY, 1(2).

Prasetyo, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Prasetyo, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahayu, A. H., Santosa, S., & Endarto, D. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Media Audio Visual Dengan Metode Mind Map (PenelitianTindakanKelasPadaSiswaKelas X-6 SMA Negeri I Kroya, Kec. Kroya, Kab. Cilacap, TahunAjaran 2012/2013). GeoEco, 1(1).

Setiawan, W. D., & Sugijanto, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. TRIHAYU Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Sigit Sujatmika. (2016). Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian. Jurnal Sosiohumaniora Volume 2 nomer 1. Hal 116-123.

Swadarma, Doni.2013. Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Tiballa, M. D. S., Sudana, D. N., & Gading, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Dasar (KTSP) . Jakarta: Bumi Aksara

Utami, Rizkia Hilmi. 2013. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Materi Sumber Daya Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Majalangu Watukumpul Kabupaten Pemalang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang

W.S. Winkel. (2012). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v5i2.2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL.

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Stats