Efek dari pembelajaran training within industri bagi peningkatan aspek psikomotorik siswa

Desi Nuzul Agnafia, Tri Wahyuni Maduretno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Training Within Industri terhadap hasil belajar biologi aspek psikomotorik siswa. Penelitian ini bertipe eksperimen semu. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK Kesehatan BIM Ngawi pada tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas. Teknik pengumpulan data berupa teknik non-tes menggunakan lembar observasi. Teknik ini digunakan untuk mengambil data psikomotorik siswa. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang didahului dengan uji prasarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji menunjukkan bahwa (sig) < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan uji yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran Training Within Industry berpengaruh terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa. Nilai statistik sebesar 0,00. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada kelas eksperimen sebesar 79.67, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73.79. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Training Within Industry terhadap hasil belajar biologi aspek psikomotorik pada siswa.


Keywords


Training Within Industry, Psikomotorik

References


Arafat, M. Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI). Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogika, 8(6), 67–72.

Arifandani Fikry. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Training Within Industry (TWI) Dan Konvensional Pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kalianget. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(3).

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharom, S., & Khoiry, M. A. (2015). ASSESSMENT OF PSYCHOMOTOR DOMAIN IN A PROBLEM-BASED CONCRETE LABROTARY. Journal of Engineering Science and Technology, (Special Issue), 1–10.

Demiray, A., Keçeci, A., & Çetinkaya, M. Y. (2016). Students’ perceptions of psychomotor skills training: A qualitative study. International Archives of Nursing and Health Care, 2, 2016.

Hastuti, E. S., & Hidayati. (2018). Pengaruh Pennggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA ditijau dari Kemampuan Komunikasi. Natural Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 25–31.

Hidayat, M. D. (2011). Model Pembelajaran Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4).

Isnania Lestari, & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Produktif Dan Dukungan Sosial Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5, 183–194.

Kementerian Pendidikan Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Khan, A. (2012). Instructional management of a private and a government secondary school principal in Northern Pakistan. International Journal of Educational Development, 32(1), 120–131.

Longworth, N. (2005). Lifelong Learning in Action. USA: Kogan Page.

Makmun, & H Amin. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustofa, K. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Nana Sudjana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pratama, P., & Bintang, S. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industri) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 73–79.

Prayitno, B. . (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif STAD Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Metakognisi, dan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Berkemampuan Akademik Atas dan Bawah. Universitas Negeri Malang.

Rizki, N. A., Suyadi, B., & Sedyati, R. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 89. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6452

Rustaman, & Nuryani. (2011). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sabri, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. (P. C. Press, Ed.). Ciputat.

Saputra, A. J. (2014). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PELATIHAN INDUSTRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DIKLAT MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMKN 1 PADANG. E-Journal Universitas Negeri Medan, 2(1).

Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38–44.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triswanti, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Praktik Kewirausahaan Ditinjau Dari Tingkat Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 175–190.

Wena Made. (2012). Strategi Pempelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v6i1.4098

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.