Implikasi sikap sosial, minat menambah jumlah waktu belajar, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA

Orin Hidayusa Wiza, Utari Prisma Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sikap siswa terhadap IPA di SMPN 3 Muaro Jambi berdasarkan indikator sikap sosial terhadap IPA, ketertarikan memperbanyak waktu belajar, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA. Berjenis penelitian kuantitatif menggunakan prosedur survei melalui instrumen angket. Jumlah subjek pada sebanyak 145 siswa. Hasil yang diperoleh dari indikator menunjukkan bahwa implikasi sosial memiliki kategori baik, dengan persentase sebesar 57.2%, ketertarikan memperbanyak waktu belajar berkategori baik, dengan persentase 48.5%, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA berkategori sangat baik, dengan persentase sebesar 53.2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sikap siswa SMPN 3 Muaro Jambi terhadap IPA berkategori baik.


Keywords


Sikap Sosial; Waktu Belajar; Karir Bidang IPA

References


Asmani, J. M. (2012). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogyakarta: Diva Press.

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Nugroho, P., Pratama, R. A., & Septiasari, R. (2019). Identification: The Effect of Mathematical Competence on Pedagogic Competency of Prospective Teacher. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 85-92. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7413.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2142

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2019). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP se Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 214-227.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.

Astalini, Darmaji, Pathoni.H, Kurniawan.W, Jufrida, Kurniawan.D.A, Perdana.R. (2019). Motivation and Attitude of Students on Physics Subject in the Middle School in Indonesia. International Education Studies; Vol. 12, No. 9; 2019. 10.5539/ies.v12n9p15

Astalini, K., Sitorus, L. R., & Perdana, R. (2019). Characteristic of students attitude to physics in Muaro Jambi high school. Humanities & Social Science Reviews, 7(2), 91-99.

Astalini., Kurniawan, D. A., ., Darmaji., Sholihah, L. R., & Perdana, R. (2019). Characteristics of Students’ Attitude to Physics in Muaro Jambi High School. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(2), 91-99. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7210.

Creswell, Jhon, W. (2015). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative dan Qualitative Research. Lincoln: University of Nebraska.

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., Irdianti, Hadijah, S., & Perdana , R. (2019). Practicum Guide: Basic Physics Based of Science Process Skill. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 151-160. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7420

Darmaji, D., Astalini, A., & Hidayaturrahman, H. (2019). Peengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis Keterampilan Proses Sains dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Pada Materi Pengukuran Mata Kuliah Fisika Dasar I (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics Education Students' Science Process Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 293-298.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Suryani, A. (2019). Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(1), 1-7.Tersedia di http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF/article/view/693

Djaali & Mulyono Pudji, 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Universita Negri Jakarta : Intramedia

Ediansyah, Kurniawan, D. A., Salamah, & Perdana, R. (2019). Investigation of Problem Based Learning: Process of Understanding the Concepts and Independence Learning on Research Statistics Subject. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(5), 01-11. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7159.

Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA NEGERI 5 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1-12.

Ikhlas, M. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika Matematika:(Skripsi). Jambi: Program Sarjana Universitas Jambi FKIP Pendidikan Fisika.

Jufrida, Wawan Kurniawan, Astalini, Darmaji, Agus Kurniawan, Dwi, Anggra Maya, Weni. 2019. Students’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 8(3), 401-408. http://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20253

Kahu, E., Nelson, K., & Picton, C. (2017). Student interest as a key driver of engagement for first year students. Student Success, 8(2), 55. https://doi.org/10.5204/ssj.v8i2.379

Kumurur, Veronica. 2008. Pengetahuan Sikap Kepedulian Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Terhadap Lingkungan Jakarta. EKOTON Vol. 8, No.2:1- 24 , Oktober 2008 ISSN 1412-3487

Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), 1-7.

Kurniawan, D. A., & Astalini, A. (2019). Evaluasi Sikap Siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 124-139.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Darmaji, D., & Melsayanti, R. (2019). Students’ attitude towards natural sciences. Int. J. Eval. & Res. Educ. Vol, 8(3), 455-460. DOI: 10.11591/ijere.v8i3.16395.

Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniasari, D. (2018). Identification of Student Attitudes toward Physics Learning at Batanghari District High School. The Educational Review, USA, 2(9), 475-484. Tersedia di http://www.hillpublisher.com/UpFile/201809/2018091857346665.pdf

Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniawan, W. (2019). Identification Attitudes of Learners on Physics Subjects. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(1).

Kurniawan, D., & Syafri, R. A. (2018). Besale Sebagai Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Di Desa Nyogan Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. UNEJ e-Proceeding.

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Empathy, 3(1), 31-41. Tersedia di https://www.neliti.com/publications/241714/perbedaan-adaptabilitas-karir-ditinjau-dari-jenis-sekolah-sma-dan-smk.

Maretika, L. D., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi IPA terhadap Calon Guru Sekolah Dasar PGSD FKIP Universitas Jambi. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41-49.

Puspitaningtyas, Zarah. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta. Perpustakaan Nasional RI

Putri, A. R., Maison, M., & Darmaji, D. (2018). KERJASAMA DAN KEKOMPAKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 32-40.

Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 112. Tersedia di https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta Cv.

Suid & Syafrina, A. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70-81.

Syahrial., Hariandi, A., Amalina, N., Kurniawan, D. A. (2019). Analysis of Ethnolinguistic Knowledge of Elementary School Teachers in Indonesia. Journal of Education and Practic, 10(2), 19-25. Tersedia di https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/46279/47782.

Utami, R. Sumarni, W. Habibah, N. A. (2015). Unnes Science Education Journal. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1496–1502. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v6i2.5205

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.