Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga

Novi Rahmawanti, Mohan Taufiq Mashuri, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di MA Raudhatusysyubban. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah total 119 siswa. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas dimana kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XU MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan bentuk soal pilihan ganda. Analisis data terdiri dari validasi isi, validitas butir soal, uji realibilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji  hipotesis, dan uji N-Gain secara berturut-turut. Sampai pada tahap uji hipotesis diketahui bahwa ada pengaruh signifikan media scrapbook terhadaphasil belajar siswa, dengan perolehan nilai thitung > ttabel (2.34 ˃ 2,007). Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,7124 sedangkan kelas ekperimen 0,776. Hal ini menunjukkan bahwa kelas ekseprimen mengalami peningkatan hasil belajar setelah mendapatkan perlakuan dengan mengunakan media scrapbook.


Keywords


Media Scrapbook; Hasil Belajar

References


Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik, 3(1), 57–67.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Atagana, H., & Engida, T. (2014). What Makes Chemistry Difficult? African Journal of Chemical Education, 4(May), 31–43.

Budi, T. P. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset statistik parametrik. Yogyakarta: Andi.

Dony, N., Jurniah, & Apriani, H. (2019). Pembuatan Media Kartu Soal Perhitungan pH Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Di SMAN 1 Jenamas. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol., 6(1), 77–86.

Dony, N., Nuriah, Jurniah, & Karina. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptua, 3(4), 405–413.

Fallo, J. O., Setiawan, A., & Susanto, B. (2013). Uji Normalitas Berdasarkan Metode Anderson- Darling, Cramer-Von Mises dan Lilliefors Menggunakan Metode Bootstrap. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (pp. 151–158). Yogyakarta.

Mahnun, O. N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Nurdiana, I., & Murjaimah. (2017). Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 41 Palembang. Edutech, 16(3), 274–287.

Nurhidayatullah, N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Miskonsepsi materi larutan penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 41–51.

Primasari, R., & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakata Selatan. Edusains, VI(1), 68–72.

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49.

Septiana, S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33.

Syofian Siregar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tri, I., Pratiwi, M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33–41.

Widiyanto, M. W., Ulfah, & Zia, A. (2016). The Effectiveness of Scrapbook as A Media to Improve Students’ Ability in Writing Recount Text “a Case of The Eighth Grade Students of SMP N 2 Gubug in the 2015 / 2016 Academic Year. ETERNAL (English Teaching Journal), 6(2), 34–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.