Pendampingan Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SD Kanisius Sleman

Yuyun Yulia, Th Laksmi Widyarini

Abstract

Mempelajari bahasa pada usia anak-anak memiliki keunggulan baik secara biologis maupun secara psikologis. Faktor usia mulai belajar bahasa (age of onset/AO) merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar bahasa. Disamping itu belajar bahasa pada masa anak-anak akan lebih berhasil karena secara psikologis anak-anak terbebas dari rasa malu dan rasa takut salah seperti yang dialami pembelajar bahasa dewasa. Demikian halnya dengan pengajaran Bahasa Inggris di tingkat SD yang dikembangkan sebagai salah satu pilihan kegiatan ekstrakurikuler. Keberhasilan suatu proses belajar tidak bisa dilepaskan dari faktor guru pengajar di kelas. Guru yang memiliki kompetensi yang memadai dan memenuhi kriteria yang diperlukan untuk menjadi pengajar Bahasa Inggris yang baik dan menarik, akan sangat membantu proses pembelajaran. Namun, kendala yang terkait dengan kapasitas guru maupun fasilitas sekolah dapat membuat siswa kurang termotivasi mempelajari bahasa Inggris. Berdasarkan pada analisa situasi diatas, kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (Abdimas) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pada guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan mengajar Bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini guru-guru diberi pendampingan tentang bagaimana mengajarkan bahasa Inggris, Teknik mengajarkan serta materi pembelajaran yang menarik agar dapat memotivasi siswa mempelajari bahasa Inggris. Tim pendamping bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Full Text:

PDF

References

Cameron, L. 2001.Teaching Languages to Young Learners. UK: CUP.

Chodidjah, I. 2004. Preparing Teachers to Teach English to Young Learners: A Customized Model. Available at http://uptbahasaitb.tripod com/conf2004. Retrieved on December 2007.

Kasihani, K. E. S. 2007. English for Young Learners. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Moon, J. 2000. Children Learning English. China: Macmillan Heinemann.

Scott, W. A & Lisbeth H. Y. 1990. Teaching English to Children. New York: Longman Group.

Slattery, M & Jane W. 2001. English for Primary Teachers. New York: OUP.

Yulia. Y. 2014. An Evaluation of English Language Teaching Programs in Indonesian Junior High Schools in the Yogyakarta Province. Doctor of Philosophy (PhD), Global, Urban and Social Studies, RMIT University.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.