Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013

Fauzi Mulyatna, Farah Indrawati, Leny Hartati

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di sekolah yang bernaung dalam Yayasan Raudhatul Jannah Ciawi, Bogor. Sekolah tersebut mulai dari jenjang TK sampai SMP.  Program ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan perencanaan pembelajaran yang baik melalui implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pemilihan pendekatan yang tepat berdasarkan Kurikulum 2013. Tujuan dari pelaksanaan abdimas ini adalah memberikan pemahaman mengenai pentingnya mempersiapkan pembelajaran matematika dengan perencanaan yang baik, memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara penyusunan rancangan pembelajaran dengan pemilihan pendekatan yang tepat, dalam hal ini implementasi CTL dan memberikan keterampilan kepada guru-guru tentang penyusunan rancangan pembelajaran sekaligus melakukan simulasi. Dalam jangka panjangnya, abdimas ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum 2013. Guru lebih kreatif dan inovatif dalam merancang suatu pembeljaran, khususnya pembelajaran matematika. Guru mampu mensiasati keterbatasan media pembelajaran yang didistribusikan pemerintah dengan perencanaan pembelajaran yang mengaitkan pembentukan konsep pengetahuan dengan kondisi keseharian siswa (implementasi pendekatan CTL). Luaran yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat ini adalah kemampuan guru dalam melakukan perencanaan yang baik dalam setiap pembelajaran yang tercermin dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pemilihan pendekatan yang tepat sesuai Kurikulum 2013 

Full Text:

PDF

References

Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) Volume 3, No.1.

Hasratuddin, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4, No.2.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.