PELATIHAN SENAM KAKI BAGI DOKTER DI KABUPATEN CIANJUR DALAM PENCEGAHAN KOMPLIKASI DIABETIC FOOT

Trini Handayani

Abstract

Jumlah kasus Diabetes Mellitus (DM) mengalami peningkatan setiap tahun. Salah satu komplikasi penyakit DM yang sering dijumpai adalah kaki diabetik (diabetic foot), yang dapat berupa ulkus (tukak/ luka), infeksi dan gangrene (kulit kehitaman). 

Ada 2 (dua) prinsip dasar pengelolaan diabetic foot yaitu tindakan pencegahan dan tindakan rehabilitasi. Tindakan pencegahan meliputi edukasi perawatan kaki, sepatu diabetes dan senam kaki. Senam kaki merupakan latihan yang dilakukan bagi penderita DM untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki, sehingga dapat memperlancar peredaran darah di kaki, memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot kaki dan mempermudah gerakan sendi kaki.

Pelatihan senam kaki diikuti oleh anggota maupun pengurus Ikatan Dokter Indonesia Cabang Cianjur dengan instruktur dokter yang pernah mendapat pelatihan (Trainer of Training = TOT) senam kaki. Diharapkan para dokter dapat mengajarkan gerakan senam kaki kepada pasien DM dalam pencegahan komplikasi diabetic foot.

Full Text:

PDF

References

Fatimah, R. N. (2015). Diabetes Melitus Tipe 2. J Majority, 4(5), 93-101.

Flora, R. (2014). Pelatihan Senam Kaki pada Penderitas Diabetes Mellitus dalam Upaya Pencegahan Komplikasi Diabetes pada Kaki (Diabetes Foot).

Indonesia, P. E. (2011). Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Indonesia dalam Konsensus.

Trisnawati, S. K., & Setyorogo, S. (2013). Faktor Risiko Kejadian Diabetes Melitus tipe II di Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(1), 6-11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.