PENGEMBANGAN USAHA ROTI DI KOTA DAN KABUPATEN BANDUNG

Rini Ayu Susanti, Yudi Herdiana, Husaeri Priatna

Abstract

Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemasan produk roti dengan memberikan pelatihan keterampilan mendesain kemasan produk roti dan meningkatkan pemasaran melalui jaringan web. Metode pelaksanaan kegiatan IbM ini adalah dengan menggunakan dalam bentuk pelatihan, pemantauan dan pendampingan. Metodenya dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demontrasi, praktik langsung, serta observasi. Ketertarikan pada pelaksanaan IbM ini karena selama in kota Bandung dikenal sebagai kota kuliner yang menyediakan berbagai produk konsumen (consumer goods).Terdapat berbagai jenis dan kualitas produk roti yang dijual di pasar, warung, toko, swalayan dan sebagainya. Di kota Bandung terdapat beberapa pengusaha roti yang menyebar di beberapa lokasi, antara lain pabrik roti “Reza Bakery” yang terletak di daerah Bandung Timur dan pabrik roti “Dilla Bakery” di daerah Bandung Selatan. Keterbatasan modal usaha yang menyebabkan proses produksi dan sistem penjualannya terbatas pula. Sistem pemasaran bersifat pasif dengan mengandalkan para pembeli yang datang ke outlet maupun pabriknya dan komunikasi “dari mulut ke mulut”. Fungsi label atau kemasan yang baik dan menarik masih minim. Sejumlah masalah yang menjadi kendala bagi kedua UKM tersebut hendaknya harus sesegera mungkin untuk diatasi sebagai salah satu solusi pengembangan usaha kecil dan menengah. Solusi yang ditawarkan kepada UKM Roti yaitu meningkatkan kualitas dan kemasan produk roti, meningkatkan kualitas kemasan produk roti dan pemasarannya dan memberikan pelatihan mengenai berbagai kemasan produk roti dan label kemasan yang komunikatif serta memperluas jaringan pemasaran mitra,  Peningkatan kemampuan manajerial mitra. Dengan dasar ini, maka melakukan pelatihan kepada kedua mitra dalam meningkatkan kualitas dan kemasan produk roti yaitu produk kemasan dan meningkatkan pemasaran melalui jaringan web.

Full Text:

PDF

References

Ali, Suparman. 2016. The Effect of Marketing Segmentation Strategy and Positioning on Customer and Its Impact on Customer Satisfaction on Sundanese Restaurant in Bandung City. Journal of Marketing and Consumer Research, 21,1-13.

Drucker, Peter, F. 2002. The Dicipline of Innovation. Harvard: Harvard Business School Publishing Corporation

Kotler, Philip., Armstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing. Fifteenth Edition. England: Pearson Education Limited.

Lamb Jr, Charles W., Joseph, F.Hair., Carl, McDaniel. Editors. 1994. Principles of Marketing. Second Edition.Cincinati, Ohio:South-Western Publishing Co.

Whally, Andrew. (2010). Strategic Marketing. First Edition. Bookbon.com.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.