PEMBERDAYAAN PEMUDA RENTAN MELALUI PELATIHAN MULTIMEDIA DIKECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Dewi Suranti(1*), Maryaningsih Maryaningsih(2), Dian Mardianti(3)
(1) Universitas Dehasen Bengkulu
(2) Universitas Dehasen Bengkulu
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v1i2.2641

Abstract

Desa Bukit Peninjauan I merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu dengan pertumbuhan perekonomian yang sedang. Profesi masyarakat rata rata sebagai petani, buruh tani dan buruh bangunan, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat relatif sedang. Ini mengakibatkan banyak anak-anak yang putus sekolah, umumnya hanya mampu menempuh pendidikan sampai jenjang SMP yang disebab kurangnya kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Telah dilaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat dalam upaya pemberdayaan pemuda rentan/anak-anak putus sekolah guna mengurangi jumlah penganguran yang tidak memiliki ketrampilan yang bertujuan terbentuknya kelompok pemuda rentan yang memiliki ketrampilan dalam bidang multimedia. Serta meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan anggota kelompok pemuda rentan tentang pemanfaatan komputer. Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan Program Kemitraan ini adalah telah terbentuknya usaha kecil di bidang jasa percetakan dan photografi yang dikelola oleh kelompok pemuda rentan/anak putus sekolah yang dikoordinir karang taruna di Desa Bukit Peninjauan I dengan nama usaha “Barrokah Mandiri dan Barrokah Berdikari”. Kegiatan kemitraan ini dilakukan dengan melalui pemberian pelatihan secara teknis ketrampilan komputer, magang/pendampingan, manajemen usaha dan memberikan bantuan alat penunjang

References


Buchari Alma. (2010). Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta.

CS4, Andi Publisher, Yogyakarta

Eka Aprilianti, Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2012.

Februariyanti, Herny., dkk, Peningkatan Kemandirian Anak Panti Asuhan Melalui Peningkatan Keterampilan Produksi Merchandise Multimedia, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (PENAMAS), Volume 1,Maret 2017.

Hidayatullah, T,2008, Lengkap dan Cepat Membuat Desain dengan CorelDraw MX4,

Ikaputera (2010) Waspada, Sukses Wirausaha Sukses Profit http://jurnal.upi.edu/file/Ika_P.pdf

Suprayoga; Iswoyo, Andi dan Syahrial, Ramon, Model Pemberdayaan Karang Taruna Di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Volume 01, Nomor. 02, Mei 2016.

Suryana, , 2003. Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, PT. Salemba Emban Patria, Edisi Pertama, Jakarta.

Sutopo, Rahadianto Oki & Meiji Nanda Harda Pratma 2014 Transisi Pemuda dalam Masyarakatrisiko antara aspirasi hambatan dan ketidakpastian.Jurnal UniversitasParamadina.Vol.11.

Tejo Nurseto, Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah Yang Tangguh Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Februari 2004.


Article Statistic

Abstract view : 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 169 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.