Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Guru

Irnin Agustina Dwi Astuti(1), Ria Asep Sumarni(2), Yoga Budi Bhakti(3*)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v2i2.2872

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu meningkatkan peran guru di SMA IT Nururrahman Depok dalam mengembangkan inovasi media pembelajaran. Inovasi media pembelajaran berupa media pembelajaran lectora. Salah satu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar yang efektif dan efisien dalam pembelajaran fisika yaitu dengan membuat media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire. Dengan menggunakan program lectora inspire materi pembelajaran dikemas secara praktis dan menarik, karena berisi materi, contoh soal dan pembahasannya, animasi, video pembelajaran, dan soal evaluasi interaktif. Pelaksanaan kegiatan ini dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan yaitu menyiapkan bahan presentasi media pembelajaran lectora, modul pelatihan, serta sarana dan prasarana dalam menunjang pelatihan. Tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 19-21 Juli 2018. Tahap evaluasi yaitu memberikan evaluasi terhadap hasil produk peserta pelatihan dalam bentuk aplikasi media pembelajaran lectora. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan serta diskusi. Hasil produk pelatihan ini dalam bentuk aplikasi media pembelajaran lectora yang dapat digunakan guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, multimedia interaktif, lectora inspire

References


Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dasmo, Irnin Agustina Dwi Astuti, dan Ria Asep Sumarni. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional PGRI 2017, hal 168-173.

Else, Neny. (2012). Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Lectora. http://nenyjos.blogspot.co.id/2012/10/membuat-media-pembelajaran-interaktif.html. Diakses tanggal 30 Desembe 2017.

Ena, Ouda Teda. (2001). Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Piranti Lunak Presentasi.Yogyakarta: Indonesia Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma.

Martha, G.A.P., Putu, P.D, Wawan, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edutech 1(2): 51-60.

Mas’ud, Muhamad. (2012). Tutorial Lectora 1 Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Utami, Isti. (2014). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Madarasah Aliyah Negeri Wonosobo. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 26 April 2014 ISSN : 0853-0823.

Winastiti, Desnaeni Dyah, Eko Setyadi Kurniawan, dan Arif Maftukhin. (2012). Peningkatan

Motivasi Belajar Fisika Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Animasi Yang Diproduksi Pustekkom Pada Siswa Kelas VIII SMP Setya Budi Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Radiasi. Vol.1.No.1.


Article Statistic

Abstract view : 188 times
PDF views : 168 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.