Perancangan Kemasan Ramah Lingkungan berbahan Corugated dan Penerapan Sistem Pemasaran Daring pada Produk Jamu Tradisional

Dwi Wijayanti, Reza Bayu Kurniawan, Dwi Susanto

Abstract

Abstrak

Pengabdian Masyarakat dengan judul “Perancangan Kemasan Ramah Lingkungan Berbahan Corugated dan Penerapan Sistem Pemasaran Daring Pada Produk Jamu Tradisional Kiringan, Dusun Kiringan, Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta”.Pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Memberikan sosialisasi tentang perancangan kemasan ramah lingkungan berbahan corugated produk jamu tradisional, (2)Memberikan sosialisasi tentang penerapan sistem pemasaran daring pada produk jamu tradisional, (3) Memberikan motivasi untuk meningkatkan regenerasi penjual jamu sehingga image kiringan sebagai “sentral jamu gendong” dapat dipertahankan, sekaligus dapat menjadi desa wisata. Tempat pengabdian di Balai Dusun Kiringan. Waktu kegiatan, Rabu 22 November 2017 pukul 09.00-17.00 WIB.Sasaran kegiatan yaitu kelompok usaha jamu Mekar Sari dan kelompok jamu Sehat Asri.Pengabdian ke masayarakat ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab.Hasil kegiatan in antara lain: (1) Munculnya kesadaran untuk melestarikan dusun Kiringan sebagai desa wisata jamu tradisional. Hal ini nampak dari Ibu-ibu kelompok usaha jamu tradisional di dusun Kiringan yang termotivasi untuk bersama-sama membentuk kelompok promosi desa wisata, (2) Pengetahuan Ibu-ibu kelompok usaha jamu tradisional semakin bertambah terutama tentang berbagai bentuk mapun jenis kemasan yang lebih menarik dan ramah lingkungan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan nilai jual jamu tradisional, dan (3) Ibu-Ibu kelompok usaha jamu tradisional menjadi memiliki pengetahuan baru untuk memasarkan jamu melalui online, selain itu dapat menarik minat remaja (anak penjual jamu) untuk membantu orang tua mereka berjualan jamu tanpa harus merasa malu.

 

Kata kunci: pengabdian, jamu tradisional, kiringan

References

DAFTAR PUSTAKA

Asyhadie, Zaeni. 2012. Hukum Bisnis. Jakarta : Grafindo Persada.

Baridwan, Zaki. 2013. Intermediate Accounting Cetakan kelima. Yogyakarta: BPFE.

BPS. 2015. Pertumbuhan Produksi Industri Manufaktur Besar dan Sedang (IBS) Dan Industri Mikro Kecil (IMK) Triwulan II Tahun 2015. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DIY.

DPNP. 2007.Pedoman Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Lampiran Surat Edaran Bank Indonesia Nomor: 9/30/DPNP Tanggal 12 Desember 2007. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan, Bank Indonesia.

Hariyani, Iswi. 2010. Prosedur Mengurus HAKI yang Benar. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Katno. 2008. Tingkat Manfaat, Keamanan dan Efektifitas Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO-OT). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Sugiyono, Arif, & Edy Untung. 2008. Panduan Praktis Dasar Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Kontribusi Industri Manufaktur Melesat (diakses online: 6 Juni 2016). URL: http://www.kemenperin.go.id/artikel/14532/Kontribusi-Industri-Manufaktur-Melesat).

Menperin Dorong Pengembangan Obat Tradisional (diakses online: 6 Juni 2016). URL: http://www.beritasatu.com/kesehatan/166922-menperin-dorong-pengembangan-obat-tradisional.html)

Undang-undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah.

Undang-undang No 15 Tahun 2001 tentang Merek.

Undang-undang No 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.