IMPLEMENTASI SEKOLAH MEDIA LITERASI (SMAILE) SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER BERMEDIA PADA SISWA SMA DI KABUPATEN BANTUL

Ade Putra Tunggali(1*), Raditia Yudistira Sujanto(2)
(1) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
(2) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v1i2.2971

Abstract

Artikel ini merupakan studi kasus pendekatan komunikasi persuasif untuk pelaksanaaaan program sekolah media literasi bagi siswa sekolah menengah atas di kabupaten Bantul, tepatnya di SMA Muhammadiyah Sewon Bantul. Secara khusus kegiatan ini untuk membentuk karakter bermedia bagi  siswa sekolah menengah atas dengan teknik komunikasi interaktif dan informative. Dari pendekatan ini diperoleh pemahaman tentang penggunaan media yang sehat dan baik serta menumbuhkan kepercayaan diri bagi siswa sekolah atas untuk mengutarakan pendapat di depan khayalak. Dengan berbagai bentuk penggunaan media oleh siswa, metode seperti sekolah media literasi sangat relevan untuk dijadikan sarana menanamkan karakter bermedia secara tepat. Hasil dari implementasi program ini siswa memahami pentingnya karakter media sebelum memutuskan menggunakan media tersebut melalui kelas media literasi dan mampu mengimplementasikan panduan berbicara baik melalui kelas public speaking. Gerakan ini merupakan embrio untuk aktif menyuarakan anti hoax, ujaran kebencian dan konten pornografi

References


Effendy, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung; Remaja Rosdakarya

Fajar, Marheni, 2009. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktik. Yogyakarta: Grha Ilmu

Nurudin, 2006. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Malang; CESPUR

Dokumen Wawancara Peserta Pengabdian Program SMAILE, 2018. Pedoman Penulisan Laporan Pengabdian Masyarakat. Yogyakarta: LPPM UNISA


Article Statistic

Abstract view : 171 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 92 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.