Pendayagunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Multiple Intelligences (MI) di Keluarahan Mojosongo

Prilya Shanty Andrianie(1), Rosita Yuniati(2), Ida Giyanti(3*)
(1) 
(2) 
(3) Universitas Setia Budi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v2i2.3003

Abstract

Setiap anak terlahir dengan membawa potensi kecerdasan yang berbeda-beda dimana terdapat sembilan aspek kecerdasan anak yaitu kecerdasan bahasa, logika-matematik, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, natural, dan eksistensi (spiritual-emosi). Untuk mengoptimalkan sembilan kecerdasan anak tersebut diperlukan berbagai stimulasi dan salah satunya adalah dengan menggunakan APE (Alat Permainan Edukatif). Namun, saat ini orang tua dan guru baru memanfaatkan APE untuk anak-anak mereka hanya sebatas sesuai dengan fungsinya saja. Padahal apabila menggunakan prinsip multiple intelligences (MI), sebuah APE dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi sembilan kecerdasan majemuk anak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pembekalan terhadap orangtua dan guru mengenai pendayagunaan APE berbasis MI. Metode pengabdian menggunakan pelatihan dan pengalaman praktek kepada orang dan tua dalam memanfaatkan satu jenis APE tetapi mampu menstimulasi beberapa aspek kecerdasan anak. Hasil pengabdian masyarakat ialah peningkatan pemahaman mitra terhadap APE dan MI yang dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa mitra sangat puas dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Mitra berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus berlangsung dan berlanjut dalam kegiatan kerjasama, karena mitra merasa bahwa kompetensi mereka masih perlu ditingkatkan lagi terutama dalam hal Pendidikan Anak Usia Dini.

Kata Kunci : anak usia dini, APE, multiple intelligences.

References


Armstrong, T. 2004. Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa.

Armstrong. 2009. Multiple Intelligences in the Classroom, 3rd Edition. USA: Alexandria

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Jakarta: Depdiknas.

Musfiroh. 2014. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. www.repository.ut.ac.id/4713/1/PAUD4404-MI.pdf

Suarca, Soetjiningsih, Ardjana. 2005. Kecerdasan Majemuk Pada Anak. Sari Pediatri, vol 7 No.2, September 2005: 85-92

Suparno, P. 2004. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Cara Menerapkan Teori MI Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius

Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Zaman, B., Hermawan, A. H., & Eliyawati, C. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Statistic

Abstract view : 279 times
PDF views : 136 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.