Pelatihan Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta

Puguh Wahyu Prasetyo(1*), Sunaryo Sunaryo(2)
(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v2i2.3116

Abstract

Olimpiade matematika merupakan salah satu ajang kompetisi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Olimpiade matematika ini meliputi empat level yaitu tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi. Pelatihan yang diberikan kepada siswa cenderung hanya digunakan untuk sesaat persiapan olimpiade dan pada tahun berikutnya belum tentu siswa tersebut yang akan mewakili sekolah untuk mengikuti ajang olimpiade. Oleh sebab itu, pelatihan yang diberikan kepada guru lebih tepat. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai analisis keefektifan pelatihan yang diberikan kepada guru tingkat sekolah dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta yang membimbing siswa bidang matematika untuk berkompetisi di level olimpiade. Keefektifan pelatihan ini diukur dengan seberapa besar perubahan nilai rata-rata kemampuan guru dalam menyelesaikan soal olimpiade sebelum mendapatkan pelatihan dan setelah mendapatkan pelatihan.

Keywords


Olimpiade Matematika; Pelatihan Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar; Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta

References


Jana, P. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas V DI SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 2(2), 125-128.

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagu Guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39-46.

Keeves, J. P. (2011). The IEA technical handbook. In C. Papanastasiou, T. Plomp, & E. C. Papanastasiou (Eds.), IEA 1958-2008 50 Years of Experiences and Memories (pp. 3-40). Nicosia: Cultural Center of the Kykkos Monastery.

Polya, G. (1973). How To Solve It. Princeton: Princeton University Press.

Siregar, T. J. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika SMP Swasta Namira Islamic School. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10-13.

Wahyuddin. (2016). Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 72-83.


Article Statistic

Abstract view : 162 times
PDF views : 80 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.