Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono

Imam Safi'i(1*), Faozan Amar(2)
(1) Universitas Muhammdiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta
(2) UHAMKA
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v2i2.4176

Abstract

Pelatihan penyusunan instrument evaluasi yang berstandar HOTS dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para guru SD Muhammdiyah di Wilayah Banyudono dalam menyusun instrument evaluasi yang dapat mengukur kemapuan berpikir tingkat tinggi siswa. Melalui kegiatan ini para guru diberikakan wawasan sekalikus kemampuan secara teknis dalam menyusun instrument evaluasi. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada tahap eksplorasi para guru diminta untuk mengemukakan berbagai pengetahuannya tentang evaluasi, terutama yang berstandar HOTS. Hasil eksplorasi digunakan sebagai landasasan untuk melakukan kegiatan elaborasi, yaitu berupa penjelasan secara teoretis dan kegiatan praktik tentang penyusunan instrument evaluasi yang mampu digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pada tahap konfirmasi, para peserta diminta untuk menyusun instrument evaluasi secara berkelompok. Selanjutnya, secara bergantian, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil penyusunan instrument evaluasinya di depan para peserta yang lain. Pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan para guru SD Muhamamadiyah di Wilayah Boyolali Jawa Tengah dalam menyusun instrument evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa atau HOTS.

Kata kunci: pelatihan, instrument, dan evaluasi

References


Budiman Agus dan Jailani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1 - Nomor 2.

Dinni, Husna Nur. 2018. Hots (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/

Chen, C., & Tzeng, G. (2011). Expert Systems with Applications Creating the aspired intelligent assessment systems for teaching materials. Expert Systems With Applications, 38(10), 12168–12179. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.03.050

Ghiani, G., Manni, E., & Romano, A. (2017). Training offer selection and course timetabling for remedial education. Computers & Industrial Engineering, (July). https://doi.org/10.1016/j.cie.2017.07.034

Kantar, L. D. (2020). Nurse Education Today Assessment and instruction to promote higher order thinking in nursing students. YNEDT, 34(5), 789–794. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.08.013

Marimin 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester I melalui Supervisi Akademik pada Kelas V Dabin Ii Pattimura Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Issn 2356 – 3443. Vol. 4.

Pratiwi, Poerwanti Hadi, Nur Hidayah, dan Aris Martiana. 2017. Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2017, Th. Xxxvi, No. 2.

Purnomo, Arif. 2007. Kemampuan Guru Dalam Merancang Tes Berbentuk Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran IPS untuk Ujian Akhir Sekolah (UAS), Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, No. 1.

Pringle, A., & Sowden, P. T. (2016). The Mode Shifting Index ( MSI ): A new measure of the creative thinking skill of shifting between associative and. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.010

Setiawati, Wiwik dkk. (2018). Buku Penilaian Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tarhan, S., Bacanl, H., Dombayc, A., & Demir, M. (2011). Quadruple Thinking : Hopeful Thinking, 12, 568–576. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.069

Vijayaratnam, P. (2012). Developing Higher Order Thinking Skills and Team Commitment via Group Problem Solving : A Bridge to the Real World. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 66, 53–63. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247


Article Statistic

Abstract view : 181 times
PDF views : 105 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.