Mendeley di SMP Tahfidzqu Deresan

Astuti Wijayanti(1*), Handoyo Saputro(2), Wali Saryono(3)
(1) Pendidikan IPA FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(2) Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) Pendidikan IPA FKIP UNiversitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/ad.v3i1.4295

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkaitan dengan pelatihan Mendeley bagi Guru di SMP Tahfidzqu Deresan Yogyakarta. Pengabdian ini dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan tujuan untuk: membantu kesulitan guru dalam menyusun menulis karya tulis dengan menggunakan Mendeley Pengabdian ini dilaksanakan di SMP Tahfidzqu Deresan Yogyakarta pada bulan November 2017. Pelaksanaan pelatihan mendeley berupa kegiatan workshop, diskusi dan praktik. Hasil pengabdian ini berupa produk yaitu rancangan proposal karya tulis guru

 

This community service activity was related to Mendeley's training for Teachers at Yogyakarta's Tahfidzqu Deresan Middle School. This service was carried out by the Science Education and Physics Education Study Program FKIP Sarjanawiyata Tamansiswa University with the aim of helping teachers difficulties in composing writing papers using Mendeley This service was held in Yogyakarta Tahfidzqu Deresan Middle School in November 2017. The training was in the form of workshops, discussions, and practice. The results of this service are in the form of products, namely the design of the teacher's written proposal

Keywords


Mendeley; Tahfidzqu; Karya Tulis

References


Cahyono, B., (2010). Faktor-faktor yang Memotivasi Guru dalam Menciptakan Karya Ilmiah. Jurnal Riptek, 4(2), pp. 1-10.

Kasiyan et al. (2019) ‘Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru’, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), pp. 47–53.

Noorjannah, L., (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), pp. 97-114.

Nurhayati, A., (2015). Penguatan Kompetensi Guru Fisika MTS/SMP/MA/SMA Se-Kecamatan Ngaliyan Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kuantitas Kontributor Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Dimas, 15(2), pp. 135-150.

Suandi, I. N., (2008). Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, Volume Edisi Khusus, pp. 510-531.

Syukur, I. A., (2014). Profesionalisme Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), pp. 200-210.

Trisniawati, T.-, Wardani, K. and Azizah, D. M. (2018) ‘Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Sd Negeri Jetis 2 Yogyakarta’, Abdimas Dewantara, 1(1), p. 77. doi: 10.30738/ad.v1i1.2086.


Article Statistic

Abstract view : 72 times
PDF views : 33 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.