PILIHAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN MENDEM DUREN INDONESIA DIYOGYAKARTA

Riski Amalia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman serta strategi pemasaran yang digunakan perusahaan Mendem Duren Indonesia saat ini berdasarkan strategi marketing mix yang terdiri dari perpaduan produk, harga, distribusi dan promosi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis SWOT, analisis Internal-Eksternal dan analisis QSPM dari perusahaan melalui analisis IFE dan EFE. Analisis IFE mengacu pada kekuatan dan kelemahan perusahaan sedangkan analisis EFE menitikberatkan pada peluang dan ancaman lingkungan. Hasil analisis diperoleh bahwa dari sisi internal diperoleh nilai total IFE sebesar 2,9 sedangkan dari sisi eksternal diperoleh nilai total EFE sebesar 2,44. Hasil analisis Internal-Eksternal perusahaan berada pada level V yaitu jaga dan pertahankan sedangkan dari analisis SWOT bahwa perusahaan menggunakan strategi SO yaitu menggunakan semua kekuatan untuk memanfaatkan peluang- peluang yang ada. Strategi pemasaran yang dipilih perusahaan yaitu penetrasi pasar dengan nilai total sebesar 6,46 dan strategi selanjutnya yang dipilih adalah strategi pengembangan produk dengan nilai total sebesar 5,89.

 

Kata Kunci: marketing mix, IFE, EFE, Internal-Eksternal, SWOT, QSPM

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 72 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.