PENGARUH LEVERAGE, SIZE, DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE

Almira Ma'rifati Robiah

Sari


This research was motivated by the increasing linkages between social, environmental and business.               This study aimed to examine the effect of Leverage, Size, and ownership of the Corporate Social Responsibility Management Disclosure.The population in this study is the entire Manufacturing company is listed on the Indonesia Stock Exchange during the period from 2013 to 2015. The sample was Manufacturing Company follows industry sector consumption period 2013-2015. The sample is determined by purposive sampling in order to obtain 17 sample companies.Results of regression analysis showed that Leverage, Size and Management Ownership simultaneous positive influence on Corporate Social Responsibility Disclosure. Partially, Leverage and Management Ownership no significant effect on Corporate Social Responsibility Disclosure.whereas a significant positive effect Size Corporate Social Responsibility Disclosure. The third influence of independent variables on the dependent variable of 30.5% for the necessary additional variables in future studies.

 

Keywords: Leverage, Size , earning management , Corporate Sosial Responbility Disclosure



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


http://swa.co.id/swa/trends/businessresearch/masih-banyak-permasalahan-dalam-pelaksanaan-csr di akses pada Kamis, 1 Desember 2016 pukul 06.10 WIB

Susilatri, dkk, (2011), Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Umur Perusahaan Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di BEI tahun 2004-2008). Pekbis Jurnal, Vol.3, No.1, Maret 2011: 412-428

http://www.rahmatullah.net/2012/01/konsep-dasar-csr.htmldi akses pada Jumat, 16 Desember 2016 pukul 16.10 WIB

http://www.kesimpulan.com/2009/04/struktur-kepemilikan-perusahaan.html di akses pada Senin, 19 Deember 2016 pukul 10.40 WIB

https://dinarjamaudin07.wordpress.com/2014/01/12/corporate-social-responsibility/ di akses pada Selasa, 20 Deember 2016 pukul 20.40 WIB

Wijaya, 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang TerdaftarDi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi – Vol 1, No. 1, Januari 2012

Lie, 2014, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Akuntansi/Volume XVIII, No. 01, Januari 2014: 86-98

Wayan dan Putu (2014), Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Tanggung Jawab Lingkungan Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.3 (2014):402-418

Gusti dan Ardhani (2015), Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Dewan Komisaris Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntasi Universitas Udayana 11.2 (2015):384-397

Oktaviana dan Rustyaningsih (2013), Karakteristik Perusahaan Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Go Publik. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1, Februari 2013

Nur dan Priantinah (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapancorporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012

Badjuri, 2011, Faktor-Faktor Fundamental, Mekanisme Coorporate Governance, Pengungkapan Coorporate Social Responsibility (Csr) PerusahaanManufaktur Dan Sumber Daya Alam Di Indonesia Corporate Governance Mechanism, Fundamental Factors, Corporate Social Esponsibility (Csr) Disclosure Of A Natural Resource And Manufactur Company In Indonesian. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Mei 2011, Hal: 38 – 54 Vol. 3, No. 1

Hastuti, 2014, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Tipe Industri Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang listing di BEI), Artikel, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Adhi, 2010, Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate SocialResponsibility) (Studi Pada Bank Di Indonesia Periode Tahun 2007-2008), Skripsi, Fakultas EkonomiUniversitas DiponegoroSemarang

Gabriela, 2011, Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan(Studi Empiris pada Perusahaan Manufacturing Secondary Sectors yang Listing di BEI tahun 2009), Skripsi, Fakultas EkonomiUniversitas DiponegoroSemarang

Ulfah, 2014, Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Leverage, Profitabilitas, Size, Kepemilikan Institusional, DanKepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan CsrPada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di BursaEfek Indonesia, Naskah Publikasi, Program Studi AkuntansiFakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mursyid, 2013, Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Csr Pada Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar

Marzully dan Nur (2012), Analisis Faktor-Faktor Yang MempengaruhiPengungkapancorporate Social ResponsibilityDi Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan BerkategoriHigh Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012

www.idx.com

www.sahamok.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29230/ad.v1i1.23

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29230/ad.v1i1.23.g172

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN: 2550-0376 (Print) | ISSN: 2549-9637 (Online)

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.