ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERKARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta)

Dody Hapsoro, Dhenayu Tresnadya Hendrik

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kemampuan akademik, gender, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, dan persyaratan menjadi akuntan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan sampel mahasiswa PPAk (Pendidikan Profesi Akuntan) dan mahasiswa S1 di STIE YKPN Yogyakarta. Sebanyak 120 mahasiswa akuntansi menjadi responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan akademik, penghargaan finansial, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir sebagai akuntan publik. Persyaratan menjadi akuntan berpengaruh negatif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik dan gender tidak berpengaruh signifikan. Semua variabel yang diuji berpengaruh secara simultan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik. Variabel yang paling berpengaruh dalam hasil penelitian ini adalah penghargaan finansial.

 

Kata kunci: Kemampuan akademik, gender, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, persyaratan menjadi akuntan, pemilihan karir sebagai akuntan publik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilyan, Lara Absara. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Anton. (2014). Indonesia Kekurangan Akuntan Profesional. (http://ekbis. sindonews.com/read/877716/34/indonsia-kekurangan-akuntan-profesional -14038698 25. Diakses tanggal 27 April 2017)

Andersen, William. (2012). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Karir Sebagai Akuntan (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP, UNIKA,UNNES, UNISSULA,UDINUS, UNISBANK, STIE TOTAL, dan Mahasiswa PPA UNDIP). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Bem, S. L. (1981). Gender Scheme Theory: A Cognitive Account of Sex Typing. Psychological Review, 88, 354-364.

Chan, Andi Setiawan. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol. 1 No 1.

Handoko, Hani. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Maslow, Abraham H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psycological Review, 370-396.

Mulyadi. (2002). Auditing. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Nurman. (1994). Kontribusi Keadaan Ekonomi Orang Tua, Biaya Kost, Motivasi Profesi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa. Laporan Penelitian. Medan: FPIPS IKIP Medan.

Robbins, Stephen P. and Timothy Judge. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Edisi Kelima. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Trisnaningsih, Sri. (2004). Perbedaan Kinerja Auditor Dilihat dari Segi Gender. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia,Vol. 7, No. 1, 108-123.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.

Vroom, Victor. H. (1964). Work and Motivation. New York: John Willey & Son, Inc.

Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26460/ad.v2i2.2638

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26460/ad.v2i2.2638.g1810

Article Metrics

Sari view : 847 times
PDF - 917 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.