Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk CARAKA?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PERSYARATAN PENULISAN ARTIKEL

CARAKA JURNAL ILMU KEBAHASAAN, KESASTRAAN, DAN PEMBELAJARANNYA

 

Redaksi menerima kiriman naskah artikel dengan ketentuan sebagai berikut.

 

1.

Naskah belum pernah diterbitkan, dipublikasikan, atau sedang dalam pertimbangan penerbitan pada jurnal ilmiah lain dan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis artikel yang dikirimkan tidak berunsur plagiat.

2.

Artikel dapat berupa hasil penelitian (baik penelitian lapangan atau kepustakaan), gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, atau pun kajian kritis dalam bidang ilmu-ilmu humaniora.

3.

Naskah artikel  diketik dalam program MS word dengan ketentuan huruf Times New Roman ukuran font 12, spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 atau pun kuarto dengan panjang karangan atau jumlah halaman 15-20 halaman termasuk daftar pustaka dan tabel. Sementara itu, page set up setiap naskah artikel terdiri atas ruang sisi 3,5 cm dari tepi kiri, 3 cm dari tepi kanan, 3 cm dari tepi atas dan bawah.

4.

Naskah artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan format esai.

5.

Naskah artikel dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dilengkapi judul, abstrak, dan kata kunci bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

6.

Sistematika penulisan naskah artikel terdiri atas: (a) judul artikel: jelas dan singkat. Judul dibatasi tidak lebih dari 12 kata. Judul artikel, judul bagian, dan subbagian dicetak tebal. Judul diketik dengan huruf kapital ukuran font 14. (b) nama, afiliasi lembaga dan alamat, serta alamat email penulis: nama ditulis lengkap tanpa gelar. Alamat ditulis di bawah nama penulis, disertai dengan alamat lengkap institusi atau afiliasi lembaga serta alamat email yang dapat dihubungi. (c) abstrak: merupakan intisari naskah, berjumlah 100-200 kata dan dituangkan dalam satu paragraf. (d) kata kunci (key words): di bawah abstrak dicantumkan kata-kata kunci (keywords) paling banyak lima kata. Kata-kata kunci harus mencerminkan konsep penting yang ada di dalam naskah. Pemakaian nama-nama orang, tempat, atau lembaga pada kata-kata kunci yang bukan merupakan fokus pembahasan naskah sebaiknya dihindari. (e) pendahuluan: berisi latar belakang, masalah, kerangka teoretis, metode disajikan secara implisit, (f) pembahasan: hasil penelitian, kajian analisis-kritis, disajikan dalam subbab-subbab, ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, menyajikan dan membahas secara jelas pokok bahasan dengan mengacu kepada tujuan penulisan, (g) simpulan, dan (h) daftar pustaka/daftar rujukan: pustaka yang diacu harus dipakai dan masuk dalam teks artikel. Penulis lebih dari dua orang ditulis semua.

7.

Rujukan ditulis berdasar sistem in notes dengan format nama, tahun, dan halaman, misalnya: (Geertz, 1969:27). Catatan kaki atau foot note digunakan untuk memberikan keterangan tambahan dan langsung dituliskan pada “kaki” tubuh karangan.

8.

Daftar Pustaka disusun secara alfabetis sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD),  contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Buku

Kartodirdjo, Sartono. 1982. Perkembangan Historiografi Indonesia. Jakarta: Gramedia.

  1. Buku kumpulan artikel

Potter, Lesley M. 2005.  ”Commodifying, Consuming and Converting Kalimantan’s Forest”, dalam Peter Boomgaard dan David Henley (Penyunting). Muddied Waters. Leiden: KITLV Press.  Hlm. 265-290.

  1. Artikel dalam jurnal atau majalah

Suganda, Emirhadi. 2010. ”Pengelolaan Lingkungan dan Kondisi Masyarakat pada Hilir Sungai”, dalam Jurnal Makara Sosial Humaniora, 13 (2), hlm. 90-120.

  1. Artikel dalam koran,

Gunawan, Restu. 2010. ”Banjir di Jakarta”, dalam Kompas. 12 Desember, hlm. 22.

  1. Tulisan/Berita dalam koran

Kompas, 12 Januari 2011. ”Terkoyaknya Multikulturalisme”. Kompas. hlm. 27.

  1. Skripsi, Tesis, Disertasi, laporan penelitian, Makalah

Kuntowijoyo. 1980. ”Social Change in Madura”,  Thesis. New York: Columbia University.

  1. Internet

Van der Eng Pierre. 2008. ”Food Supply in Java during the War and Decolonisation”, (http://mpra.ub.unimuenchen.de/8852/MPRA Paper no 8852), diunduh tanggal 15 Juli 2010.

9.

Artikel yang dikirim melalui pos dalam bentuk hard copy (2 eksemplar) dengan menyertakan cakram padat (CD) file (1 keping) ke alamat redaksi  atau dikirim melalui surat elektronik (e-mail) ke jurnalcaraka@ustjogja.ac.id

10.

Artikel yang masuk ditelaah oleh mitra bestari yang ditunjuk penyunting berdasarkan kepakarannya. Redaksi dapat menyingkat dan memperbaiki tulisan yang dimuat tanpa mengubah substansi dan maksud tulisan.

11.

Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan  lebih lanjut secara tertulis lewat surat dan atau email kepada penulis. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.

12.

Penulis bersedia melakukan revisi naskah jika diperlukan.

13.

 

14.

Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima 2 eksemplar nomor bukti pemuatan dan dua eksemplar cetak lepas.

Jurnal terbit setiap enam (6) bulan sekali.

 

 

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Carefully read the submission guidelines as follows:

1) Paper should be written in english.
2) The length of submitted paper is at least 6 pages and no more than 12 pages.
3) Use of a tool such as Zotero, Mendeley, or EndNote for reference management and formatting, and choose IEEE style
4) The paper must conform to standard Caraka paper.
5) You need to log in to submit your paper, which requires you to be registered.
6) Supplementary files such as graphs, pictures, images, or video and audio files are can including to Caraka Server if needed.
7) An abstract is required for a paper submission.
8) You can upload a revised version, if requested by Editor

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.