HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA KEAKTIFAN SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DISEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SE-KECAMATAN UMBULHARJO

Esy Widyastuti, Sri Adi Widodo

Sari


There are a lot of factors effect high and low the study achelvement wihch reach by students, such as internal and external factors. Internal factors include creativity and student interest, the students who has interested in study must be active in learning procces. While external factors include facilities such as media and tools, the school wihch has complate facilties and support can be effect the learning procces it will be better and faster. This research purpose to analyze how far the preference the students interested in learn mathematics, the creativity of students and the facilities toward the students achievement in mathematics and also to knowing is there relationshipamong students interested in learning mathematics, students creativity the facilities of learning and the students achievements ih mathematics.the kind of research that used is ex-post facto and the sample using rondom technique sampling of X grade students in SMK of Umbulharjo subdistrict. So, it can be conclude that the students succesful in learn mathematics marked by students achievements from the result of the study. One of the two factors who influence that achievements. In order to gas the maximal achievements,the two factors should be use to support the learning procces. So that, the educational purpose can be fast, arange, affectiv, efficient, in teaching procces.


Kata Kunci


Minat Belajar Matematika, Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar di Sekolah, Prestasi Belajar Matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lina Lestari dan Tri Astuti Arigiyati. 2016. “Hubungan Antara Minat, Fasilitas dan Prestasi terhadap Kemampuan Mengajar Guru Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP se-Kecamatan Kasihan”. Vol 4 No 2. Halaman 195-203.

Nurita Juliasari dan Benedictus Kusmanto. 2016. “Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta”. Vol 4 No 3. Halaman 405-411.

Zuly Lestari dan Benedictus Kusmanto. 2016. “Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru, Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Salam”. Vol 4 No 1. Halama 57-64.

Fitri Mustika Sari dan Esti Harini. 2015. “Hubungan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika”. Vol 3 No 1. Halaman 61-68.

Erna Galuh Septyani. 2017. “Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa, Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014”. Vol 5 No 1. Halaman 89-96.

Esa Gunarti. 2017. “Hubungan Antara Kreativitas, Kemampuan Numerik dan Sikap Siswa terhadap Pelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Pundong”. Vol 5 No 1. Halaman 1-10.

Shinta Ika Ardyanti dan Esti Harini. 2015. “Hubungan Antara Adversity Quotient, S elf Efficacy dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Kecantikan SMK Negeri se-Kecamatan Umbulharjo”. Vol 3 No 1. Halaman 33-43.

Erin Anggraini. 2013. “Hubungan Antara Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014”.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliyana. 2008.”Manajemen Pendidikan”. Yogyakarta: Aditya Media.

Syah, Muhibbin. 2016. “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. “Psikologi Belajar”. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2015. “Belajar dan Faktor-fakto yang Mempengaruhi”. Jakarta: Rineka Cipta.

Deni Dwi Sari. 2002. “Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Kemampuan Operasi Hitung dan Kemampuan Verbal dengan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Program Linier Siswa Kelas II Catur Wulan 3 MAN se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2001/2002”. Yogyakarta: FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Rukmini. 2002.” Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Kemampuan Numerikdan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Rumus-Rumus Segitiga dalam Trigonometri siswa Kelas I Caturwulan 2 SMU se-Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2001/2002”. Yogyakarta: FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Ferra Dwi Putri. 2017. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri se-Gugus Mawar Metro Pusat”. Bandar Lampung: FKIP, Universitas Lampung.

Pekik Wicaksono. 2012. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 20011/2012”. Yogyakarta: FT, Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Sari view : 1009 times
PDF - 922 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.