ANALISIS FAKTOR PENUNJANG PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI SUSU KARAMEL CISONDARI KABUPATEN BANDUNG

Maskarto Lucky Nara Rosmadi

Sari


This study aims to determine the factors supporting the creative industry effort. The method used is quantitative with analytical descriptive approach with the number of respondents as many as 58 people. Data collection in this research was conducted by questionnaire technique, and documentary study. The data obtained is then processed using SPSS version 23,00. From the results of the data show, the contribution provided by human resource variables of 23.40%, competence of 17.90%, innovation by 21.50%, and marketing by 21.20% of creative industries. While the rest of 21.20% is another factor that is not researched.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, M. I. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Merek Lokal Sepatu Kulit di Bandung. E-Jurnal STIE Inaba, 14(3), 169-87.

Bachri, S., Monoarfa, H., & Santi, I. N. (2015). Membangun Jaringan Pemasaran Industri Kreatif Kerajinan kayu Ebony di Sulawesi Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 299-303.

Bahtiar, A., Sriyanto, & Amalia. (2009). Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kreativitas Industri Kerajinan Batik. Jurnal J@ti Undip, IV(1), 23-34. DOI:https://doi.org/10.12777/jati.4.1.

Departemen Perdagangan. (2014). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2010-2014. Jakarta: Departemen Perdagangan.

Dewandaru, B., & Purnamaningsih, N. (2016). Strategi Dalam memajukan Industri Kreatif dan Pengembangan Ekonomi Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata (Studi pada Kesenian Jaranan di Kota Kediri). Jurnal Ekonika, 1(2), 170-187.

Ellitan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Modern. Bandung: Alfabeta.

Ellitan, L., & Anatan, L. (2009). Manajemen Inovasi (Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia). Bandung: Alfabeta.

Emilia, T., Vergil, V., & Monica, T. (2009). The Impact of Cultural-Creative Industries on the Economic Growth-a Quantitative Approach. Bucharest: Department of Statistics and Econometric.

Fitriana, A. N., Noor, I., & Hayat, A. (2014). Pengembangan Industri Kreatif di Kota Batu (Studi Tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 281-286.

Gulati, R., Nohria, N., & Zaheer, A. (2000). Strategic Networks. Strategic Management Journal, 21(3), 203-216.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.

Hasan, Masood, U., Shaukat, S., Nawaz, M. S., & Saman, N. (2013). Effect of Innovation Types on Firm Performance: an Empirical Study on Pakistan's Manufacturing Sector. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, 7(2), 243-262.

Larassaty, A. L. (2016). Kontribusi Sumber Daya Manusia di Bidang Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Kinerja Pariwisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan). Prosiding Seminar Ekonomi dan Bisnis & Call Paper FEB Umsida (pp. 95-113). Sidoarjo: FEB Umsida.

Lukiastuti, F. (2012). Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Kapabilitas Jejaring Usaha Terhadap Peningkatan Kinerja UKM dengan Komitmen Perilaku sebagai Variabel Intervenning (Studi Empiris pada Sentra UKM Batik di Sragen Jawa Tengah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 8(2), 155-175.

Morris, M., & Lewis, P. (1995). The Determinants of Entrepreneurial Activity. European Journal of Marketing, 29(7), 31-48.

Nurjanah, S. (2013). Analisis Pengembangan Program Bisnis Industri Kreatif Penerapannya melalui Pendidikan Tinggi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 18(2), 141-151.

Nurmilah, R., Lukytawati, & Novianti, T. (2016). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Sains dan teknologi, X(3), 98-113.

Priatna, A., & Suprajang, S. E. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (Ritmik), 1(1), 37-51.

Rahim, R., Husni, T., & Yanti. (2014). Pengembangan Model Sentra Industri Kreatif Motif Kerajinan Minang Melalui Adaptability IKM, Inovasi, Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 3(2), 1-18.

Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata. Jurnal Kepariwisataan, 1(2), 54-69.

Roberta, P., Carree, M., & Santarelli, E. (2009). Creative Industries. New Business Formulation and Regional Economic Growth. Journal The Jena Economic Research Paper, 1-23.

Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. (2017). Manfaat E-Business Dalam Pemasaran Bola Sepak: Studi Empiris pada PT. Sinjaraga Santika Sport (Triple S) Majalengka. Jurnal Industrial Services, 3(1b), 178-181.

Rosmadi, M. L., & Romdonny, J. (2017). Sharing Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pada Industri Kreatif (Studi Empiris Pengrajin Batik Tulis Trusmi Kabupaten Cirebon). Jurnal Industrial Services, 3(1b), 174-177.

Sari, L. F. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Management Analysis Journal, 2(1), 110-116. DOI: https://doi.org/10.15294/maj.v2i1.2028.

Sawitri, D., Andarwati, & Soares, I. (2014). Pengaruh Orientasi Wirausaha, Kreativitas Program Pemasaran dan Dinamika Lingkungan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Tais di Dili Timor Leste). Medan: Forum Manajemen Indonesia.

Sijabat, R. (2017). Penguatan Kinerja Pemasaran Melalui Pengembangan Inovasi dan kreativitas Program Kerja Pada Wirausaha Muda di Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XVI(1), 26-43.

Simatupang, M. (2008). Industri Kreatif Untuk Kesejahteraan Bangsa. Bandung: ITB, Inkubator Industri dan Bisnis.

Soegiastuti, J., & Haryanti, C. (2013). Model Kinerja Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 56-68.

Sofyan. (2017). Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Inovasi dan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan menengah Pada Sentra Industri Tas Desa Kadugenep. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 1(1), 65-79.

Subandi. (2012). Ekonomi Pembangunan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto, E. K., & Widjajanti, K. (2017). Strategic for Creative Industry: Internal & External Environmental Reviews. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 6(1), 45-57.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (6 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sunanik. (2013). Penguatan Ekonomi Kreatif dan Inovatif berbasis Sumber Daya Desa Besuki di Kecamatan Besuki Tulung Agung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-27.

Trihapsoro, A. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Pada SKPD Kabupaten Boyolali). Surakarta: UMS.

Untari, S. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 3(10), 1-16.

Widjajanti, K., Sugiyanto, E. K., & Marka, M. M. (2016). Strategi Pengembangan Kinerja Pemasaran melalui Human Capital dan Social Capital Dengan Kemampuan Inovasi Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 95-108.

Winanti, M. B. (2011). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survey pada PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat). Majalah Ilmiah Unikom, 7(2), 249-267.

Wirda, F., & Azra, T. (2015). Kompetensi Manajerial dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Industri Kreatif. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) (pp. 183-192). Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Wirda, F., & Azra, T. (2015). Kompetensi Manajerial dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Industri Kreatif Sumatera Barat. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) (pp. 183-192). Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29231/md.v2i2.2887

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29231/md.v2i2.2887.g1815

Article Metrics

Sari view : 384 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar