ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Kantor Wali Kota Sorong Papua Barat)

Rais Dera Pua Rawi, Muhammad Arifin Abdul Kadir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada kantor wali kota sorong papua barat tahun 2018. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pegawai  kantor wali kota sorong papua barat yang diambil sampelnya sebanyak 50 orang pegawai. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study ,Yaitu jenis penelitian untuk melihat hubungan antara variabel Dependent dan variabel independent.sedangkan analisis yang digunakan analisis univariat,bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Insentif yang diberikan kepada pegawai belum dapat memenuhi kebutuhan,dimana dari 50 orang  pegawai yang dijadikan sampel memiliki insentif cukup sebanyak 22 orang pegawai dengan persentase 44,0 %, sedangkan yang memiliki insentif kurang sebanyak 28 orang pegawai dengan persentase 56,0 %. tunjangan yang diberikan kepada pegawai dari 50 sampel yang diambil terdapat 25 orang pegawai memiliki tunjangan cukup dengan persentase sebesar 50,0 %, sedangkan yang memiliki tunjangan kurang sebesar 25 orang pegawai dengan persentase 50,0 %. penghargaan yang diberikan kepada pegawai belum dapat memenuhi kebutuhan,dimana dari 50 orang  pegawai yang dijadikan sampel memiliki penghargaan cukup sebanyak 22 orang pegwai dengan persentase 44,0 %, sedangkan yang memiliki penghargaan kurang sebanyak 28 orang pegawai dengan persentase 56,0 %.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin (2005) Pengaruh Motivasi dan Kemampuan kerja terhadap Kinerja dan Kepuasan kerja karyawan PT Satu Nusa Persada Batam.

Angke Priatini (2012), Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Karyawan Pada PT.Aero Perdana Internusa.Fakultas Bisnis Dan Manajemen : Universitas Widyatama.

Cici Syafri Wenty (2015), Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan.Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Badan Penerbit Undip, Semarang.

Haminati Sharikha, Aan Permana, 2012.“Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Pustakawan Di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah.”Diakses September 2012.

Handoko.T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan SDM. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, S. P. Malayu. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Jakson, Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja 2001.

Ismail, Sukidarfi. (2003). Hubungan Kemampuan dan Motivasi Dengan Kinerja Pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan Departemen Kehakiman dan HAM RI. Depok:Universitas Indonesia

Mesra, Tien Danarti. (2005). Analisis Hubungan Antara Faktor Motivasi dan Kemampuan Kerja Dengan Kinerja Pegawai di Bagian Verifikasi dan Akuntansi Biro Keuangan dan Perlengkapan Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Depok:Universitas Indonesia.

Sukmawati S (2015) Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Gowa.Sorong : Universitas Muhammadiyah Sorong.

Rahmayanti ( 2014 ) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap karyawan pada CV.putra kaltim samarinda.

Ruky, Achmad. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Winardi. 2000. Motivasi dan Pemotivasi dalam Manajemen. Jakarta: Raja grapindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29231/md.v2i2.2960

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29231/md.v2i2.2960.g1817

Article Metrics

Sari view : 14 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.