PENGARUH BRAND IMAGE, ATTITUDE, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN (Studi Pada Warung Makan Lotekmania Jl. Damai No.12 Yogyakarta)

Endri Wijayayanto, Suharti Suharti

Sari


Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi pengaruh Brand Image terhadap  keputusan beli konsumen Warung Makan Lotekmania Jl. Damai No.12 Yogyakarta. Menguji signifikansi pengaruh Attitude terhadap  keputusan beli konsumen Warung Makan Lotekmania Jl. Damai No.12 Yogyakarta. Menguji signifikansi pengaruh Service Quality terhadap  keputusan beli konsumen Warung Makan Lotekmania Jl. Damai No.12 Yogyakarta. Untuk mengetahui faktor paling dominan berpengaruh terhadap keputusan beli konsumen Warung Makan Lotekmania Jl. Damai No.12 Yogyakarta.

Variabel penelitian ini adalah Brand Image, Attitude, Service Quality dan keputusan beli. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Warung Makan Lotekmania Jl. Damai No.12 Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian 100 orang, teknik pengambilan sampel aksidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi KB = 0,596BI + 0,158Att+ 0,185SQ. Variabel brand image mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beli, taraf signifikan 0,05. Variabel attitude mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beli, taraf signifikan 0,05. Variabel service quality mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beli, taraf signifikan 0,05. Variabel-variabel Brand Image, Attitude, dan Service Quality berpengaruh secara simultan terhadap keputusan beli, tarafi signifikan 5%, Keputusan beli (KB) dipengaruhi Brand Image, Attitude, dan Service Quality sebesar 50,7%, sedangkan sisanya sebesar 49,3% dipengaruhi faktor lain.  Faktor paling dominan mepengaruhi keputusan beli adalah brand image.

Kata Kunci :

Brand Image, Attitude, Service Quality dan Keputusan Beli


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah T. (2012) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT.Rajagrafindo Persada

Amperaningrum Izzati, Ridanti1 Ninda Utami, (2013) , “Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu (Studi Kasus Pada Pemilik Mobil Daihatsu Di Wilayah Kota Bekasi), Jurnal Manajemen, Unversitas Gunadarma.

Bhakar, et al. (2012).Relationship Between Country Of Origin, Brand Image and Customer Purchase Intention. ApeejayStya University: Far East Research Center.

Evelina Nela, Handoyo DW, dan Listyorini Sari, (2012), “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus), Journal Of Social And Politic.

Khakim Muhammad Luthfi, (2013), Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Semarang, Jurnal Manajemen, Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Kotler dan Keller, (2012). Marketing Management, Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Kegunaan. Edisi Kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gery Armstrong, (2012), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid Satu, Erlangga:Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho Setiadi, J (2010). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Revisi, Kencana Media Group.Jakarta

Rohmah Siti (2015), “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan LayananTerhadap Keputusan Pembelian Produk Perhiasan”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 5.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono Fandy, (2011), Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi, Yogyakarta.

Weenas Jackson R.S., (2013), “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta”, Jurnal EMBA Vol.1 No.4, Hal. 607-618.

Wulandari (2015), “Pengaruh pelayanan dan citra merek terhadap keputusan pemilihan produk tabungan (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Yogyakarta)”, Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi’, Universitas Islam Negeri, Yogyakarta.

Zainuddin Didi (2011),”Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Brand Image Motor Matic Honda Terhadap keputusan Pembelian seta Dampaknya pada loyalitas pelanggan”, Skripsi, Manajemen Pemasaran, Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26460/md.v2i2.3153

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26460/md.v2i2.3153.g1840

Article Metrics

Sari view : 689 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.