ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PENGGUNA SMARTPHONE XIAOMI

Nuri Apriyani, Suharti Suharti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegunaan,
kemudahan penggunaan dan kepercayaan dari pengguna
smartphone Xiaomi terhadap niat pembelian kembali. Untuk
mengetahui pengaruh kegunaan, kemudahan penggunaan dan
kepercayaan secara simultan terhadap pengguna smartphone
Xiaomi pembelian kembali niat.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif
Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta yang jumlahnya 100
responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda
dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil yang diperoleh, Kegunaan berdampak positif dan
signifikan terhadap niat pembelian kembali dengan nilai t-hitung
lebih besar dari t-tabel (3,054> 1,98498). Persepsi kemudahan
penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
pembelian kembali dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel
(3,336> 1,98498). Kepercayaan berdampak positif dan signifikan
terhadap niat pembelian kembali dengan dengan nilai t-hitung
lebih besar dari t-tabel (2,132> 1,98498). Niat pembelian kembali
smartphone Xiaomi dipengaruhi kegunaan, persepsi kemudahan
penggunaan, dan kepercayaan sebesar 56,5%, sedangkan
sisanya 43,5% dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata Kunci:
Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan  ePurchase Intention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, Rahmawaty. (2010). “Pengaruh Trust Dalam Penggunaan Automated Teller

Machine Berdasarkan Technology Acceptance Model (Studi Terhadap Nasabah

Bank Syari’ah Mandiri Kudus)”, Empirik: Jurnal Penelitian Islam, STAIN Kudus

Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2010: Halaman 33-56.

Ardiansyah. Rahmad. “Sejarah Berdirinya Perusahaan Xiaomi”

http://www.idsejarah.net/2016/06/sejarah-berdirinya-perusahaan-xiaomi.html

(diakses tanggal 17 Januari 2016

Christopher Lovelock, Jochen Wirtz, Jacky Mussry. (2015). Pemasaran Jasa

Manusia, Teknologi, Strategi : Perspektif Indonesia. Jakarta : Erlangga

Davis, Gordon B, (2012). Kerangka Dasar: Sistem Informasi Manajemen, Bagian I

Pengantar. Seri Manajemen No. 90-A. Cetakan Kedua Belas, Jakarta: PT.

Pustaka Binawan Pressindo.

Handayani, Rini. (2013). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat

Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi”, Jurnal

Akuntansi dan Keuangan, Universitas Petra Surabaya, Vol. 9, No. 2, Nopember:

Halaman 76-87.

Lim, Weng Marc, and Ting, Ding Hooi. (2012).. E-shopping: An Analysis of The

Technology Acceptance Model, Journal of Modern Applied Science.

Madahi, Abdolrazagh., dan Sukati, Inda., (2012), “The Effect of External Factors on

Purchase Intention amongst Young Generation in Malaysia”, International

Business Research, Vol. 5, No. 8; 2012.

Mowen, Michael minor. (2012). Perilaku konsumen Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta :

Erlangga

Nurvita Anggraeni dan Lutfi Harris, (2015). “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi

Kegunaan, Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Penggunaan Sistem ETicket” Jurnal pemasaran Volume 2 Nomor 1.

Rahman et al., (2012). The Influence of Service Quality and Price on Customer

Satisfaction: An Empirical Study on Restaurant Services in Khulna Division.

Research Journal of Finance and Accounting www.iiste.org ISSN 2222-1697

(Paper) ISSN 2222-2847 (Online) Vol 3, No 4, 2012

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (trust) Terhadap Partisipasi

Pelanggan e-commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia).

Tesis (dipublikasikan), Universitas Brawijaya, Malang.

Sari, Devi Permata. (2013). Intention on Purchasing Airlines E-Ticket: The Analysis of

Online Trust and Technology Acceptance Model in Garuda Indonesia

Webcommerce, Journal. Customers’.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Tirtana Irwan dan Sari Shinta Permata, (2014), “Analisis Pengaruh Persepsi

Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap

Penggunaan Mobile Banking”, Seminar Nasional Dan Call For Paper, Program

Studi Akuntansi-Feb UMS.

Wijaya, Tony (2015), “Pengaruh Service Quality Perception dan Satisfaction

Terhadap Purchase Intention,” Modus Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.17 (1):39-

www.teknopers.com › Android › Gadget › Xiaomi, diakses tangaal 8 Desember 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29231/md.v1i1.45

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29231/md.v1i1.45.g275

Article Metrics

Sari view : 792 times
PDF - 962 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar